Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEGADAIAN: Penyaluran Kredit di Bekasi Masih di Bawah 50%

Realisasi kredit gadai PT Pegadaian (Persero) Cabang Bekasi, Jawa Barat, pada semester I/2014 masih berada di bawah target. Kendati begitu, penyaluran kredit bertumbuh sebesar 7%.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BEKASI - Realisasi kredit gadai PT Pegadaian (Persero) Cabang Bekasi, Jawa Barat, pada semester I/2014 masih berada di bawah target. Kendati begitu, penyaluran kredit bertumbuh sebesar 7%.

Tutik Suwarni, Pimpinan Cabang PT Pegadaian Bekasi, menuturkan sepanjang 2014, pihaknya menargetkan realisasi kredit gadai mencapai Rp485 miliar.

Dengan begitu, pihaknya mengupayakan penyaluran kredit setiap semester dapat mencapai separuh dari target 2014 atau sekitar Rp242,5 miliar.

Namun, jelasnya, pada semester semester awal tahun ini, realisasi penyaluran kredit belum mencapai 50% dari target tahunan. "Realisasi kredit gadai masih di bawah Rp200 miliar," ungkapnya saat ditemui Bisnis, Senin (11/8/2014).

Menurutnya, realisasi kredit gadai itu masih didominasi oleh gadai perhiasan dengan persentase hingga 90%, sedangkan sisanya terutama disalurkan untuk gadai mobil dan motor, serta peralatan elektronik.

Tutik menjelaskan realisasi di bawah target tersebut terutama dipengaruhi oleh fluktuasi harga emas pada semester I 2014. Selain itu, jelasnya, makin banyaknya sarana dan fasilitas kredit yang ditawarkan oleh berbagai lembaga finansial turut memengaruhi realisasi penyaluran kredit gadai.

Walaupun begitu, Tutik menyatakan penyaluran kredit gadai bertumbuh 7% dibandingkan semester sebelumnya. Oleh karena itu, dia meyakini kinerja penyaluran kredit dapat bertumbuh lebih baik pada paruh kedua 2014. Menurutnya, kondisi itu mulai terasa pasca Ramadan.

"Sebelum bulan puasa meningkat, tapi menurun jelang Idul Fitri sebab masyarakat memanfaatkan THR [tunjangan hari raya], setelahnya mulai meningkat signifikan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler