Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TENAGA KERJA ASING: Pemkot Bekasi Terapkan Perda IMTA Mulai 2015

Disnakertrans Kota Bekasi memperkirakan Perda tentang penyelenggaraan dan retribusi perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) dapat mulai diterapkan pada 2015.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BEKASI - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bekasi memperkirakan peraturan daerah (Perda) tentang penyelenggaraan dan retribusi perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) dapat mulai diterapkan pada 2015. 

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kota Bekasi Sajekti Rubiah menuturkan perda yang disahkan pada Juli lalu tersebut telah dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Tidak ada masalah, sudah diberi nomor. Nanti akan dibuat aturanan turunan berupa Peraturan Wali Kota (Perwal) dan akan dikelola Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT), kita tinggal menunggu mereka maunya gimana. Kita optimistis tahun depan sudah bisa direalisasikan Perda itu," katanya seperti dikutip dari laman resmi Pemkot, Selasa (21/10/2014).

Sajekti menuturkan pemberlakuan perda tersebut akan mendongkrak perolehan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bekasi hingga Rp1 miliar setiap tahunnya. Jumlah tersebut, jelasnya, diperoleh dari kewajiban perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing untuk membayar pajak sebesar US $1.200/orang per tahun.

Disnakertrans Kota Bekasi mencatat saat ini setidaknya ada 145 tenaga kerja asing yang bekerja di berbagai sektor, dari pendidikan hingga industri.

"Di Kota Bekasi ada 90 Perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing. Terbanyak tenaga asing dari Korea Selatan," ujarnya

Sebelumnya, untuk mempekerjakan tenaga asing, perizinan diurus pada Kementerian Tenaga Kerja sehingga pemda hanya bisa mengeluarkan Izin perpanjangan kerja bagi mereka.

"Selama ini retribusi masuk ke Kementrian. pendapatan yang harusnya bisa masuk ke kita, masuknya ke sana. Kita setiap tahun hanya mendapatkan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pusat, jumlahnya hanya sebagian saja," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper