Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepeda Motor Dilarang Lewat Medan Merdeka Barat-Bundaran HI Mulai Desember 2014

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan membatasi sepeda motor yang melintas di sepanjang jalur jalan Medan Merdeka Barat hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan membatasi sepeda motor yang melintas di sepanjang jalur jalan Medan Merdeka Barat hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar mengatakan uji coba pembatasan sepeda motor itu akan dilakukan pada Desember 2014.

"Rencananya kita akan batasi pergerakan sepeda motor. Untuk pemanasan kita batasi dari Medan Merdeka Barat sampai Bundaran HI, Insya Allah sekitar Desember. Sepanjang jalur itu sepeda motor dilarang melintas," katanya di Balai Kota, Senin (10/11/2014).

Masa uji coba pembatasan tersebut akan dilaksanakan selama sebulan. Setelah itu, uji coba akan dievaluasi untuk mengetahui masalah apa saja yang dihadapi dengan rencana pembatasan sepeda motor ini.

Apabila berdasarkan evaluasi ternyata menunjukkan hasil yang baik, maka pembatasan sepeda motor ini akan diteruskan.

Jalur Harmoni-Bundaran HI dijadikan jalur uji coba karena pada jalur tersebut angkutan umum yang melewatinya dinilai paling baik. Bus Transjakarta yang melewati jalur itu jumlahnya banyak dan jarak tunggunya relatif singkat.

Akbar menambahkan, untuk para pengendara sepeda motor yang akan melewati jalur tersebut dapat parkir di gedung-gedung sepanjang jalur tersebut, seperti di parkir IRTI Monas atau parkir di Sarinah.

Selain itu, pemprov DKI akan menyediakan bus tingkat gratis baru bagi para pengendara sepeda motor yang tidak dapat melintas. Saat ini telah ada 5 bus tingkat baru dan ditargetkan tahun depan pemprov DKI dapat membeli 100 unit.

"Kalau lahan parkir tidak mencukupi ya lebih baik dia enggak pakai sepeda motor. Gunakan angkutan umum yang ada," lanjut Akbar.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Bakharudin menyatakan pembatasan sepeda motor ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan dan mengurangi kemacetan di Ibu Kota.

"Dari angka kecelakaan di Jakarta hampir 70%nya adalah kecelakaan sepeda motor, korban yang meninggal ada 60% dari pengendara roda dua. Pertumbuhan jalan setiap tahun hanya 0,1%, sedangkan pertumbuhan kendaraan hampir 12%, kan tidak sinkron," tuturnya.

Rencananya uji coba pembatasan sepeda motor di sepanjang jalan Medan Merdeka Barat hingga Bundaran HI akan berlangsung selama 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper