Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Jalan Layang, Tangerang Butuh Rp1,25 Triliun dari DKI

Untuk mengurai kemacetan yang memadati Jakarta, Kota Tangerang akan dibangun jalan layang yang terintegrasi dengan jalur busway.
Bisnis.com, JAKARTA--Untuk mengurai kemacetan yang memadati Jakarta, Kota Tangerang akan dibangun jalan layang yang terintegrasi dengan jalur busway. Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah menuturkan pembangunan jalan sepanjang 5 km Blok M-Ciledug setidaknya memerlukan Rp1,25 triliun.
 
Anggaran perbaikan itu merupakan yang terbesar dari total Rp2,5 triliun yang diajukan ke Pemerintah Provinsi DKI melalui pemberian dana bantuan.
 
"Yang paling mahal itu membangun elevated busway. Kita mengajukan Rp1,25 triliun untuk bangun jalan Blok M-Ciledug," tuturnya usai melakukan rapat koordinasi dengan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, di Jakarta, Senin (15/12/2014).
 
Menurutnya, langkah kerja sama ini telah dikoordinasikan dengan kementerian pusat, dimana DKI akan membangun jalan hingga perbatasan dengan Tangerang, begitu pula sebaliknya.
 
Untuk saling menyangga satu sama lain, Kota Tangerang tidak memiliki dana yang cukup. Tahun depan, APBD Kota Tangerang hanya tembus Rp3,8 triliun. Sedangkan, dana bantuan sebelumnya dati DKI hanya senilai Rp5 milyar.
 
"Tahun ini cuma Rp5 milyar, tapi kan enggak jadi apa-apa. Makanya Pak Ahok kemarin buat terobosan inginnya tuntas, artinya menuntaskan masalah DKI," tutur Arief.
 
Ibu Kota didatangi warga Tangerang untuk bekerja sehingga memerlukan fasilitas transportasi publik yang memadai. Begitu pula ketika warga DKI hendak ke Bandara Soekarno-Hatta yang kerap membuat jalan padat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper