Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perda Budaya Betawi: Ahok Tak Khawatir Ormas Bermunculan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan peraturan daerah (perda) Pelestarian Kebudayaan Betawi hanya dibuat untuk melestarikan kebudayaan Betawi sebagai tuan rumah di Ibu Kota.
Karnaval betawi, Baju adat jakarta / Antara
Karnaval betawi, Baju adat jakarta / Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)  menyatakan peraturan daerah (perda) Pelestarian Kebudayaan Betawi hanya dibuat untuk melestarikan kebudayaan Betawi sebagai tuan rumah di Ibu Kota.

"Perda Pelestarian Kebudayaan Betawi itu tujuannya hanya untuk melestarikan budaya Betawi, bukannya ormas-ormas (organisasi masyarakat) Betawi. Tidak ada yang namanya ormas dalam perda itu," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2015).

Lebih lanjut, Ahok mengaku tak khawatir dengan kemunculan ormas-ormas Betawi setelah disahkannya perda Pelestarian Kebudayaan Betawi.

"Tidak apa-apa, kalau memang nanti ternyata banyak muncul ormas-ormas Betawi. Lagi pula, perda itu kan untuk memang untuk melindungi budaya Betawi, bukan ormas Betawi," ujar Ahok.

Dia menuturkan keberadaan Perda tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi itu akan menjadi payung hukum bagi program dan kegiatan pelestarian budaya Betawi yang selama ini telah dilaksanakan Pemprov DKI.

"Sebetulnya selama ini beberapa hotel sudah melakukan pelestarian budaya Betawi, seperti membuat suvenir-suvenir khas. Tapi, kita belum punya dasarnya. Karena sekarang sudah ada perda-nya, kita harap budaya Betawi semakin lestari," tutur Ahok.

Seperti diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta pada hari ini secara resmi mengesahkan Perda tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi untuk memantapkan keberadaan budaya Betawi sebagai tuan rumah di Kota Jakarta.

Perda itu terdiri dari 10 bab dan 49 pasar, antara lain mengatur menumbuhkembangkan pelestarian kebudayaan Betawi sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat Jakarta terhadap pelestarian budaya Betawi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler