Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua Parlemen Shanghai Akan Bertemu Ahok

Ketua Parlemen Pemerintah Kota Shanghai, Tiongkok, Wu Zhiming dijadwalkan bertemu Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok), pada Rabu, guna menjajaki kerja sama sebagai kota kembar.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok/Antara-Puspa Perwitasari
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok/Antara-Puspa Perwitasari

Bisnis.com, BEIJING - Ketua Parlemen Pemerintah Kota Shanghai, Tiongkok, Wu Zhiming dijadwalkan bertemu Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok), pada Rabu, guna menjajaki kerja sama sebagai kota kembar.

"Mudah-mudahan kerja sama tersebut dapat segera diwujudkan," kata Konsul Penerangan Konsulat Jenderal RI di Shanghai, Faraiditto Suharyono kepada Antara di Beijing, Rabu (13/4/2016).

Sehari sebelumnya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X bersama Ketua Parlemen Shanghai Wu Zhiming menyepakati kerja sama persahabatan kedua wilayah itu meliputi bidang budaya, pendidikan, teknologi dan investasi.

Kesepakatan kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Sri Sultan HB X dan Wu Zhiming didampingi Konsul Jenderal Republik Indonesia di Shanghai Kenssy D. Ekaningsih di Gedung Willis Kepatihan Yogyakarta.

Fadi menambahkan, selain nota kesepahaman tentang kerja sama kota kembar, Shanghai dan Yogyakarta juga sepakat untuk membangun pusat kerja sama kedua pihak, baik di Shanghai maupun di Yogyakarta.

"Hal serupa juga akan dijajaki antara Shanghai dan DKI Jakarta, sebagai kota kembar untuk meningkatkan kerja sama dan persahabatan, kedua pihak," ungkapnya menekankan.

Fadi mengatakan, banyak hal positif yang dapat dihasilkan melalui kerja sama dan persahabatan yang dijalin baik untuk Jakarta maupun, Shanghai.

Semisal, Pemerintah DKI Jakarta dapat mempelajari bagaimana Shanghai menata diri termasuk membangun dan mengelola transportasi umum.

Sekadar diketahui, Shanghai sebagai pusat ekonomi di Tiongkok membutuhkan waktu hingga 100 tahun untuk menata kotanya. Pengintegrasian transportasi kota di Shanghai juga dipusatkan di Hongqiqo Comperhensive Transportation Hub.

Di sana, transportasi umum seperti kereta cepat atau China Railway High-speed (CRH), Mass Rapid Transit (MRT), kereta reguler, bus umum, taksi hingga bandara menjadi terpusat dan saling terhubung. Kawasan pengintegrasian ini selesai dibangun pada 2009.

Selain menemui Ahok, Wu Zhiming juga dijadwalkan melakukan kunjungan balasan kepada Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper