Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GEDUNG HIJAU: Djarot Inginkan Green Building Padukan Bisnis dan Lingkungan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan dalam konsep Green Building tersebut harus dapat memadukan kepentingan bisnis dengan kepentingan lingkungan
./.
./.

Bisnis.com, JAKARTA- Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan konsep green building harus dapat memadukan kepentingan bisnis dengan kepentingan lingkungan.

Pasalnya. lanjut Djarot, dalam pembanguan sebuah gedung tidak hanya memikirkan kekuatan kontruksinya saja melainkan juga perlu memikirkan kebutuhan lainnya seperti air, listrik, dan jalan raya.

"Kalau pengusaha selalu mikir kepentingan bisnisnya, lihat tanah kosong lalu bangun setinggi-tingginya, lalu pemerintah juga lalai dengan memberikan izin mendirikan bangunan (IMB) dengan mudahnya," kata Djarot di Balai Kota, Rabu (18/5/2016).

Oleh karena itu melalui forum lokakarya tersebut, Djarot meminta kepada pihak stakeholder baik dari instansi pemerintah, swasta maupun perguruan tinggi betul-betul dapat merumuskan untuk merencanakan aksi yang terus menerus.

Melalui rencana aksi tersebut, pada 2010 penyelenggaraan bangunan hijau atau green building di DKI Jakarta ditergetkan telah mendapatkan konversi energi, konversi air, dan penurunan emisi dan gas CO2 masing-masing sebesar 30%.

Selanjutnya, guna mencapai target tersebut akan dibuat grand design yang akan diterapkan melalui milestones secara berkesinambungan mulai 2018,2020,2025, dan 2030.

"Strategi implementasi kita tetapkan pada enam area, dari kebijakan atau regulasi, peningkatan kapsitas, sistem managemen data, pemberdayaan masyarakat, pengawasan dan pengendalian, serta strategi komunikasi dan pembangunan jejaring," jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper