Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bogor Pusatkan Salat Idulfitri di Kebun Raya Bogor

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat akan melaksanakan Salat Idulfitri 1437 Hijriah/2016 yang dipusatkan di Kebun Raya Bogor, seperti tahun sebelumnya.
Kebun Raya Bogor/lipi.go.id
Kebun Raya Bogor/lipi.go.id

Bisnis.com, BOGOR - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat akan melaksanakan Salat Idulfitri 1437 Hijriah/2016 yang dipusatkan di Kebun Raya Bogor, seperti tahun sebelumnya.

"Tahun ini telah disepakati penyelenggaraan Salat Id untuk tingkat Kota Bogor dipusatkan di Kebun Raya seperti tahun lalu," kata panita Pusat Hari Besar Islam (PHBI) Bidang Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Bogor Arif Badrudin di Bogor, Senin (4/7/2016).

Ia mengatakan, persiapan penyelenggaraan Salat Id tingkat Kota Bogor telah dibahas oleh PHBI sejak pertengahan Ramadhan. Ada dua lokasi penyelenggaraan yang dimusyawarahkan yakni Balai Kota dan Kebun Raya Bogor.

"Sesuai dengan arahan Wali Kota, penyelenggaraan Shalat Id kembali dilaksanakan di Kebun Raya," katanya.

Tahun ini merupakan yang kedua kalinya penyelenggaraan Shalat Id dipusatkan di Kebun Raya Bogor yang akan menyatu DKM Masjid Kifayatul Abidin yang berada di Komplek Kebun Raya terbesar di Asia Tenggara tersebut.

"Selama ini pelaksanaan Shalat Id tingkat Kota Bogor dilaksanakan di Balai Kota. Baru tahun kemarin (2015) digabung dengan jamaah yang ada di Kebun Raya Bogor, sesuai keinginan wali kota," kata Arif.

Arif menambahkan, Shalat Id akan dipimpin oleh imam yang dipilih oleh MUI Kota Bogor, sedangkan untuk Khotib diundang Dosen dari Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) KH Badrudin Syuki.

"Seperti biasa, Salat Id dimulai dari jam 06.00 WIB," katanya.

Salat Id di Kebun Raya Bogor selain dihadiri oleh masyarakat umum, juga diikuti jajaran Muspida Kota Bogor.

Tahun lalu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan ada dua alasan ia memusatkan pelaksanaan Salat Id di dalam Kebun Raya Bogor yakni ingin menyatu dengan alam dan edukasi kepada masyarakat untuk merawat dan menjaga kebun tersebut.

"Pemerintah Kota Bogor ingin perayaan Idul Fitri agar bisa menyatu dengan alam," katanya.

Ia mengatakan, sudah sepatutnya masyarakat Bogor mensyukuri telah memiliki Kebun Raya Bogor yang luasnya mencapai 87 hektar emenyimpan ribuan tanaman yang usianya bahkan mencapai ratusan tahun.

"Alasan berikutnya, mengajak masyarakat untuk berikhtiar merawat sama-sama kebun raya yang kita miliki. Jangan sampai Kebun Raya dan Istana menjadi surga dunia, tapi di luar kebun dan istana seperti neraka," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper