Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bogor Siap Bangun Penerangan Jalan Terkoneksi Internet

Sejumlah ruas jalan di Kota Bogor akan dipasang penerangan jalan umum (PJU) pintar sebagai upaya pelaksanaan program Smart City di Kota Hujan tersebut.
Lampu jalan/Ilustrasi-JIBI Photo
Lampu jalan/Ilustrasi-JIBI Photo

Bisnis.com, BOGOR - Sejumlah ruas jalan di Kota Bogor akan dipasang penerangan jalan umum (PJU) pintar sebagai upaya pelaksanaan program Smart City di Kota Hujan tersebut.

Nauval Isnaeni, Kasubbid Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Bappeda Kota Bogor mengatakan rencana pembangunan PJU pintar tersebut juga sebagai langkah mitigasi perubahan iklim. 

Menurutnya, PJU Pintar itu akan memberikan keuntungan dari sisi penghematan penggunaan energi dan akuntabilitas penggunaan daya yang berkaitan dengan rekening listrik. 

"Dengan PJU Pintar ini ada satu acuan yang secara otomatis terkoneksi dengan internet. Selain itu akan disesuaikan titik mana yang mendapat prioritas penerangan," ujarnya, Jumat (5/8/2016).

Pihaknya berencana akan menyerahkan pembangunan PJU pintar tersebut kepada pihak swasta sebagai operator dengan harapan dapat menyerap tenaga kerja.

Saat ini, kata dia, progress yang sudah dicapai masih dalam tahap pelaksanaan audit atau menghitung berapa PJU yang dimiliki serta apa saja komponen yang diperlukan dan lainnya. 

Adapun, untuk pelaksanaannya sendiri masih tentatif karena tergantung hasil studi kelayakan teknis dan studi kelayakan sisi finansial, legal dan lingkungan oleh PT Sarana Multi Infrastruktur.

PT SMI sendiri akan membantu proyek itu mulai dari sisi pembiayaan, aspek lingkungan, hingga aspek hukum dan penyiapan kontrak. 

Nauval menambahkan, Kota Bogor dan Kota Mataram menjadi dua kota yang dipilih Agence Française de Développement (AFD) sebagai kota yang menerapkan Smart City Lighting (PJU Pintar) melalui bantuan dari Kementerian ESDM Republik Indonesia.

Adapun, Bantuan yang diberikan berupa technical assistance (bantuan teknis) dalam penyusunan master plan Smart City Lighting (PJU Pintar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper