Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Triwulan II 2016 : Ekonomi DKI Tumbuh 5,86%

Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta Triwulan II/2016 mengalami pertumbuhan 5,86% bila dibandingkan dengan Triwulan II/2015 secara year on year.
Kawasan Monas, Jakarta/Antara
Kawasan Monas, Jakarta/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta Triwulan II/2016 mengalami pertumbuhan 5,86% bila dibandingkan dengan Triwulan II/2015 secara year on year.

Kepala BPS DKI Jakarta, Syech Suhaimi mengatakan bahwa dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha jasa keuangan sebesar 13,36%, sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga (LNPRT) sebesar 6,04%.

"Ekonomi Jakarta Triwulan II/2016 ini juga tumbuh lebih cepat 2,51% bila dibandingkan triwulan sebelumnya (q-to-q)," ujarnya, Jumat (5/8/2016).

Menurutnya dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha jasa pendidikan (6,61%), dan dari sisi komponen pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh pengeluaran konsumsi pemerintah (59,50%).

Pihaknya memaparkan bahwa struktur perekonomian Jakarta triwulan II-2016 tersebut didominasi oleh tiga lapangan usaha utama yaitu perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 16,67%, industri pengolahan sebesar 13,84%, dan konstruksi sebesar 12,95%.

Sementara itu, lanjut dia, dari sisi pengeluaran, didominasi oleh konsumsi rumah tangga (58,27%) dan PMTB (39,11%).

Pihaknya menambahkan bahwa perekonomian Jakarta Triwulan II/2016 diukur dengan berdaarkan produk domestik regional bruto (PDRB} atas dasar harga berlaku, mencapai Rp534,87 triliun, sementara menurut harga konstan mencapai Rp381,16 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper