Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jakarta Smart City, TRAFI Tampilkan Jadwal Bus Transjakarta "Real Time"

TRAFI, aplikasi transportasi umum, bermitra dengan Jakarta Smart City dan PT Transjakarta untuk mengembangkan sistem teknologi, operasional, serta pengembangan jadwal informasi untuk penumpang.
Petugas memantau pergerakan armada di ruang kontrol PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) di Jakarta, Rabu (25/1)./JIBI-Dwi Prasetya
Petugas memantau pergerakan armada di ruang kontrol PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) di Jakarta, Rabu (25/1)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - TRAFI, aplikasi transportasi umum, bermitra dengan Jakarta Smart City dan PT Transjakarta untuk mengembangkan sistem teknologi, operasional, serta pengembangan jadwal informasi untuk penumpang.

Country Manager Indonesia TRAFI Dimas Dwilasetio mengatakan, aplikasi tersebut dapat menampilkan estimasi keberangkatan bus Transjakarta terkini (real time).

TRAFI juga telah berkolaborasi dengan Jakarta Smart City dalam hal data sharing yang bermanfaat untuk menganalisis pola penggunaan transportasi umum guna pengembangan kebijakan dan perencanaan kota Jakarta lebih lanjut.

"Transjakarta telah memulai sebuah sistem transportasi bebas macet menggunakan sistem BRT [bus rapid transit] yang menjangkau sebagian besar wilayah Jabodetabek. TRAFI memberdayakan pengguna angkutan umum dengan memberikan mereka kendali yang lebih besar terhadap jadwal perjalanan di Jakarta menggunakan Transjakarta dan moda transportasi lainnya,” ujarnya di Balai Kota DKI, Rabu (1/2/2017).

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, kerja sama kedua belah pihak ini meliputi pengembangan sistem teknologi dan operasional, serta pengembangan jadwal informasi penumpang di halte Transjakarta yang menampilkan estimasi keberangkatan bus Transjakarta secara akurat.

"Kami yakin TRAFI akan membantu pelanggan Transjakarta mendapat informasi real-time sehingga dapat meningkatkan jumlah pelanggan Transjakarta," imbuhnya.

Selain Transjakarta, TRAFI juga telah berkolaborasi dengan Jakarta Smart City dalam hal data sharing yang bermanfaat untuk menganalisis pola penggunaan transportasi umum guna pengembangan kebijakan dan perencanaan kota Jakarta lebih lanjut.

“Kami berharap aplikasi ini dapat mewujudkan konsep Smart Mobility yang menjadi salah satu dari 6 pilar Jakarta Smart City. Data sharing diharapkan dapat bermanfaat untuk referensi kebijakan guna meningkatkan pelayanan transportasi publik yang lebih baik.

TRAFI memberi informasi real-time yang paling akurat untuk berbagai jenis moda transportasi perkotaan di Jakarta. Selain memberikan informasi untuk TransJakarta dan KRL, developer telah memperluas cakupannya ke lebih dari 500 rute angkot, shuttle bandara, metromini dan bus-bus besar.

TRAFI secara teratur memperbarui informasi transportasi umum dan baru-baru ini menambah beberapa operator jaringan bus di Jabodetabek, termasuk namun tidak terbatas pada Mayasari Bakti, DAMRI, Kopaja, Metromini, KWK, dan Mikrolet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler