Menikmati Sejarah dan Seni di Kota Tua

Ribuan warga menyerbu Kota Tua, Jakarta, pada hari kedua Idulfitri 1438 H. Kendati museum di sekitat Taman Fatahillah tutup, tetapi tidak menyurutkan keinginan masyarakat untuk menikmati pemandangan yang berbeda.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 26 Juni 2017  |  12:51 WIB
Menikmati Sejarah dan Seni di Kota Tua
Turis memadatai kawasan Kota Tua di Jakarta Barat saat perayaan Lebaran, Senin (26/6/2017). - Bisnis.com/Veronika Yasinta

Bisnis.com, JAKARTA -- Ribuan warga menyerbu Kota Tua, Jakarta, pada hari kedua Idulfitri 1438 H. Kendati museum di sekitat Taman Fatahillah tutup, tetapi tidak menyurutkan keinginan masyarakat untuk menikmati pemandangan yang berbeda.

Gedung-gedung tua yang mengelilingi Kota Tua dijadikan sarana untuk berfoto ria. Warga juga bisa belajar sejarah di taman perpustakaan umum di Takan Fatahillah.

Selain itu, berbagai aktivitas bisa dilakukan seperti melihat pertunjukan manusia patung, membuat seni tato temporer, atau melukis wajah siluet dengan guntingan kertas karton.

Gayatri, salah satu pengunjung, mengaku sengaja meluangkan waktu di hari libur ini dengan mengajak seluruh anggotanya untuk melepas kejenuhan. Menurutnya, Kota Tua tidak membosankan walaupun setiap tahun dia selalu kesini.

"Suka saja sama Kota Tua. Mumpung libur, jadi pengin kesini sama keluarga. Naik sepeda sama foto-foto," katanya, di Jakarta, Senin (26/6/2017).

Tak hanya wisatawan yang menikmati liburan, buah dari kebanjiran pengunjung juga dialami Asep, pemilik sepeda onthel. Sebanyak 9 unit sepeda onthelnya laris manis. Dia memilih untuk tidak libur Lebaran karena tahu Kota Tua bakal diserbu warga.

Dalam sehari, dia bisa meraup untung hingga Rp1,5 juta hanya dengan menyewakan sepeda othel seharga Rp20.000 untuk berkeliling di Taman Fatahillah.

"Libur lebarannya seminggu lagi saja. Ini kerja dulu mumpung banyak orang ke sini," ujarnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kota tua

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top