Kondisi Air Bersih RTH Kalijodo Sejak Diresmikan Masih Memprihatinkan

Air bersih merupakan kebutuhan krusial untuk menjaga kebersihan dan sanitasi masyarakat. Sayangnya, fasilitas tersebut belum sepenuhnya memadai, seperti di Ruang Terbuka Hijau dan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak Kalijodo yang kondisi air bersihnya terasa asin.
Nirmala Aninda | 28 Juni 2017 17:01 WIB
Arena skatepark di RTH Kalijodo - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Air bersih merupakan kebutuhan krusial untuk menjaga kebersihan dan sanitasi masyarakat. Sayangnya, fasilitas tersebut belum sepenuhnya memadai, seperti di Ruang Terbuka Hijau dan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak Kalijodo yang kondisi air bersihnya terasa asin.

Menurut pantauan Bisnis, air yang keluar dari keran di seluruh area RTH dan RPTRA Kalijodo memiliki rasa asin seperti air laut.

Menurut salah satu koordinator pengelola RPTRA Kalijodo, Dewi Mayasari, kondisi air bersih di RPTRA memiliki rasa asin karena air berasal dari resapan air tanah.

"Airnya memang asin kan air tanah, air PAM-nya sedang diajukan," ujar Dewi kepada Bisnis di Kalijodo, Rabu (28/6/2017).

Dewi mengatakan kondisi air bersih memang terasa asin sejak RPTRA Kalijodo diresmikan.

Sejauh ini langkah antisipasi yang sudah diambil oleh pengelola RPTRA dengan Dinas Pertamanan adalah mencampur air di tangki penampungan dengan air tawar.

"Dari Dinas Pertamanan suka dioplosin ada tangki seminggu 3 kali. Sudah dicampur gitu tapi tetep asin," katanya.

Sarah Assifa, Koordinator Pengelola RPTRA Kalijodo lainnya mengatakan, pihak pengelola RPTRA sudah mengajukan instalasi saluran air.

"Kemarin udah ngajuin ke kelurahan cuma belum tau sekarang progresnya gimana," ujar Sarah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kalijodo

Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top