Hoax Bendung Katulampa Jebol Bikin Repot Penjaga Pintu Air

Hoax Bendung Katulampa Jebol Bikin Repot Penjaga Pintu Air
Newswire | 23 November 2017 15:34 WIB
Bendung Katulampa - Antara/Jafkhairi


Bisnis.com, JAKARTA - Berita bohong atau hoax tentang Bendung Katulampa jebol membuat repot petugas penjaga pintu air di tempat itu.

"Sejak Senin lalu, telepon engak berhenti berdering,” kata Kepala Petugas Jaga Bendung Katulampa, Bogor, Andi Sudirman, Kamis, 23 November 2017.

Para penelepon itu hanya ingin mendapat kepastian tentang kabar bendungan jebol. Sebagian besar penelepon adalah masyarakat umum. Namun ada juga yang berasal dari lembaga pemerintahan. Salah satunya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta. “Saya tegaskan, informasi itu tidak benar,” ucap Andi.

Andi berujar, debit air di Katulampa memang sempat naik karena beberapa hari terakhir hujan deras melanda Bogor. Namun kondisi itu masih terbilang normal. Ia juga menjelaskan, Katulampa adalah bendung yang berfungsi untuk pengendali aliran air.

“Jadi bukan seperti setu atau waduk buatan,” katanya. "Fungsi Katulampa hanya pengendali."

Geger Bendung Katulampa jebol ini berawal dari video yang beredar di media sosial. Dalam keterangan video itu disebutkan bendungan di Bogor tersebut telah jebol dan masyarakat Jakarta yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Ciliwung diminta waspada. Ternyata informasi itu tidak benar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
katulampa

Sumber : Tempo.co
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top