Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Perbandingan Trotoar Sudirman-Thamrin Sebelum dan Setelah Ditata

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mengumumkan proyek penataan trotoar di sepanjang jalan Sudirman - MH Thamrin.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 06 Maret 2018  |  14:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) menghadiri acara perayaan Hari Disabilitas Internasional, di Panti Sosial Bina Grahita, Jakarta, Rabu (6/12). - Antara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) menghadiri acara perayaan Hari Disabilitas Internasional, di Panti Sosial Bina Grahita, Jakarta, Rabu (6/12). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mengumumkan proyek penataan trotoar di sepanjang jalan Sudirman - MH Thamrin.

Area penataan jalan dan trotoar akan dimulai dari Patung Pemuda Membangun, Simpang Susun Semanggi, Patung Selamat Datang (Bundaran HI), hingga Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

"Penataan meliputi lajur busway, lajur mobil atau kendaraan roda empat, lajur motor dan bus reguler atau bus wisata, trotoar dan kelengkapannya, penghijauan berupa pohon-pohon peneduh dan taman," kata Anies di Balai Kota, Selasa (6/3/2018).

Berdasarkan gambar desain yang diterima Bisnis, ada beberapa bagian yang akan diubah oleh Pemprov DKI. Desain penataan trotoar tetap mempertahankan lima jalur untuk kendaraan, termasuk mobil, motor, dan jalur khusus bus Transjakarta.

Namun, dalam desain terbaru, pemerintah bakal menghapus jalur hijau di jalan Sudirman dan menggantinya dengan jalur bus reguler dan motor. Adapun, jalur kendaraan yang terletak persis di sebelah trotoar akan diubah menjadi jalur fasilitas.

Trotoar tetap dipertahankan di sisi kiri jalan, tetapi dengan desain yang lebih modern dan ditambah lebih banyak pohon.

Bukan itu saja, Anies mengatakan desain penataan trotoar Jalan Jenderal Sudirman - MH. Thamrin nantinya dilengkapi dengan walk of fame atlet-atlet berprestasi yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan segala kisah atlet-atlet tersebut.

"Atlet-atlet akan berinteraksi dengan warga yang berlalu lalang di trotoar pada waktu/event tertentu. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengatur waktu interaksi tersebut," lanjutnya.

Dengan dimulainya program penataan ulang jalur pedestrian yang memadai di Jalan Sudirman – Jalan MH. Thamrin, Anies berharap ke depannya Jakarta akan berkembang menjadi kota yang ramah bagi pejalan kaki, pengguna sepeda, dan para penyandang disabilitas.

"Partisipasi publik akan meningkatkan rasa memiliki dari jalur pedestrian ini sehingga akan dijaga bersama-sama," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asian games 2018 anies-sandi
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top