Pemprov DKI Sudah Relokasi 110 Pohon di Sudirman-Thamrin

Pemprov DKI Jakarta merelokasi sebanyak 110 pohon yang berada di sepanjang kawasan penataan trotoar Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Maret 2018  |  12:03 WIB
Pemprov DKI Sudah Relokasi 110 Pohon di Sudirman-Thamrin
Kendaraan melintas di samping pohon-pohon di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (8/3). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk menata ulang kawasan Sudirman-Thamrin, yang berdampak pada ditebangnya pohon-pohon teduh di kawasan tersebut. ANTARA FOTO - Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta merelokasi sebanyak 110 pohon yang berada di sepanjang kawasan penataan trotoar Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

"Setelah kami lakukan pendataan, ada sebanyak 541 pohon yang akan direlokasi. Saat ini, sudah ada 110 pohon yang direlokasi," kata Kepala Dinas Kehutanan DKI Djafar Muchlisin di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Menurut dia, ratusan pohon tersebut dipindahkan ke Taman Bersih, Manusiawi dan Berwibawa (BMW) yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Proses relokasi pohon-pohon itu sudah dimulai sejak Selasa (6/3/2018). Kami menargetkan pekerjaan relokasi ratusan pohon tersebut bisa selesai bulan ini (Maret 2018)," ujar Djafar.

Dia menuturkan pekerjaan relokasi pohon-pohon itu dilakukan dalam dua tahap. Pertama, pihaknya merelokasi sebanyak 65 pohon yang ada di sebelah timur (arah Semanggi) dari patung Jenderal Sudirman ke arah gedung World Trade Center (WTC).

"Tahap kedua, kami merelokasi sebanyak 45 pohon yang ada di sisi barat atau menuju arah Bundaran Hotel Indonesia (HI) dari Hotel Le Meridien hingga Patung Jenderal Sudirman," tutur Djafar.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan jenis-jenis pohon yang nantinya akan ditanam di sepanjang trotoar Sudirman-Thamrin itu, di antaranya pohon kencana, pohon tanjung dan pohon sawo kecik.

Dia menambahkan di bagian pembatas antara jalur hijau dengan trotoar itu nantinya akan ditanami bunga pucuk merah, bunga merak dan bunga bougenville.

"Kami berkoordinasi juga dengan Dinas Bina Marga DKI Jakarta supaya bisa memberikan ruang di trotoar untuk kemudian ditanami pohon-pohon tersebut dengan jarak sekitar lima sampai enam meter," ungkap Djafar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Trotoar, anies-sandi

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top