Pemprov DKI Anjurkan Warga Ibu Kota Bersepeda Tiap Jumat

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendorong hari Jumat menjadi hari bersepeda Ibu Kota.
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 16 Maret 2018 16:17 WIB
Ilustrasi - sfbike.org

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendorong hari Jumat menjadi hari bersepeda Ibu Kota.

Sandi menyatakan akan merangkul berbagai kalangan seperti pekerja, pelajar, dan para komunitas di Ibu Kota untuk menumbuhkan minat bersepeda. Dengan demikian, langkah ini diharapkan bisa mengurangi polusi sekaligus ikut menyukseskan rencana Jakarta mengenai kendaraan ramah lingkungan.

Menurut Sandi, Pemprov DKI Jakarta berjanji akan menyediakan sarana dan prasarana bagi pesepeda. Adapun fasilitas yang dibangun tersebut seperti jalur khusus bersepeda sepanjang puluhan kilometer (KM).

Selain itu, Pemprov DKI mengimbau para pemilik gedung atau sekolah untuk menyediakan kebutuhan pesepeda seperti lahan parkir sepeda dan fasilitas untuk mandi. Pemprov DKI mengimbau agar pengguna jalan yang lain meningkatkan kewaspadaan dan menghormati hak pesepeda dan pejalan kaki.

"Mulai menjalankan Bike Friday, sekarang komunitas-komunitas kita mulai dorong untuk setiap Jumat bersepeda ke kantor," kata Sandi, Jumat (16/3/2018).

Dia mengatakan selain akan memberi tanda jalur khusus untuk pesepeda, Pemprov DKI juga akan menata kembali jalanan di Ibu Kota agar lebih ramah terhadap pengguna sepeda. Hal ini dikarenakan beberapa jalan dinilai dapat membahayakan bagi pesepeda.

"[Masih] [ada] gorong-gorong yang agak berbahaya buat pesepeda," imbuh Sandi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sepeda, sandiaga uno

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top