Anies Baswedan Tampung Aspirasi Warga DKI Lewat Musrenbang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima berbagai masukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019.
Regi Yanuar Widhia Dinnata
Regi Yanuar Widhia Dinnata - Bisnis.com 22 Maret 2018  |  23:53 WIB
Anies Baswedan Tampung Aspirasi Warga DKI Lewat Musrenbang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditemani Asisten Pembangunan Gamal Sinurat melakukan razia penggunaan air tanah ilegal di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (12/3/2018). - JIBI - Feni Freycinetia Fitriani

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima berbagai masukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019.

Anies Baswedan mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Munasrembang) bertujuan sebagai sarana sinkronisasi dan sinergitas dari aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah. 

Dengan demikian, proses pengambilan keputusan harus memperhatikan serta mengakomodasi aspirasi masyarakat yang berkembang dinamis. Musrembang ini diharapkan dapat membantu mewujudkan Visi dan Misi Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017-2022.

“Saya berharap sekali bahwa prioritas kita dalam musyawarah ini adalah prioritas yang menyangkut kebutuhan langsung. Kita ingin pembangunan yang kita kerjakan [itu] menyelesikan tantangan yang ada di masyarakat. Kita ingin (semua) terintegrasi,” kata Anies dalam acara Munasrembang Kota Administrasi, Jakarta Barat, Kamis (22/3/2018).

Menurutnya, visi Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017-2022, yakni Jakarta kota maju, lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua.

"Jadi tolong dalam perencanaan nanti, jangan perencanaannya berat ke sekelompok orang, [akan tetapi] harus seimbang untuk seluruh warga Jakarta Barat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anies mendorong agar aspirasi warga yang belum terakomodasi dapat disampaikan di lain waktu. "Kapan dan prosesnya seperti apa, sehingga tidak ada aspirasi valid yang terlewatkan,” ungkapnya.

Anies berharap Musrenbang Kota Administrasi Jakarta Barat tersebut menggunakan indikator-indikator yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat. Dia menambahkan jangan membahas program yang jauh dari keseharian warga.

"Perencanaan pembangunan harus menggunakan asumsi kita berada di perkotaan, yang kebutuhan rumah tangga sering harus disiapkan infrastrukturnya oleh pemerintah,” imbuhnya.

Seperti diketahui, forum Musrenbang Kota Administrasi ini adalah rangkaian proses perencanaan berjenjang yang diawali dengan Rembuk RW, Musrenbang Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan. 

Hal ini dilakukan dalam rangka menyusun masukan bagi penyempurnaan RKPD tahun 2019. Adapun tema RKPD Tahun 2019, yakni Pemantapan Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas.

"Saya minta bahwa program ini konkrit, bisa diukur, bukan hanya uangnya tetap juga hasilnya,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
anies baswedan

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top