Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Musrenbang DKI : Jakarta Pusat dan Jakarta Timur akan Ditata Lagi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menilai indikator keberhasilan pembangunan berdasarkan pada pelayanan publik yang dapat langsung dirasakan oleh warg Ibu Kota.
Regi Yanuar Widhia Dinnata
Regi Yanuar Widhia Dinnata - Bisnis.com 06 April 2018  |  02:17 WIB
Jembatan niaga Pasar Senen - Ilustrasi/Antara
Jembatan niaga Pasar Senen - Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menilai indikator keberhasilan pembangunan berdasarkan pada pelayanan publik yang dapat langsung dirasakan oleh warg Ibu Kota.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan pembangunan di Jakarta akan berorientasi pada kesejahteraan hingga keluarga.

Adapun yang dibutuhkan oleh keluarga ini harus terfasilitasi dengan baik seperti tersedianya air bersih, pendidikan kepada anak-anak, kesehatan yang terjamin, dan tersedia lapangan kerja.

Dia menambahkan untuk meningkatkan dan mengoptimalisasi pelayanan masyarakat maka maka diperlukan pengembangan kawasan kota dan kabupaten administrasi secara selaras, terarah, terpadu, dan terintegrasi.

"Hasil musyawarah perencanaan pembangunan [Musrenbang] ini harus membuat setiap keluarga di Jakarta [dapat bersyukur] tinggal di Jakarta,” kata Anies dalam acara Musrenbang di Kota Administrasi Jakarta Timur dan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kamis (5/4/2018).

Adapun beberapa kebijakan dalam pengembangan wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat, yaitu pertama, pengelolaan kawasan Johar Baru melalui penataan kampung di lokasi RW kumuh, peningkatan dan pemeliharaan jalan, serta sistem drainase.

Kedua, pengembangan kawasan Senen seperti perbaikan infrastruktur kota untuk mendukung konsep TOD, penataan trotoar yang saling menghubungkan antar moda, dan pembangunan fasilitas pejalan kaki termasuk penyeberangan yang menghubungkan antara pusat transportasi ke pusat-pusat kegiatan.

Ketiga, penataan kawasan Pasar Baru seperti perbaikan infrastuktur kota untuk mendukung fungsi sebagai kawasan kegiatan perdagangan dan mengoptimalkan area parkir yang tersedia. Selain itu, meningkatkan kualitas jalur pedestrian dan jalur hijau untuk mendukung konsep water front city.

Sementara itu, dalam Forum Musrenbang di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur membahas sejumlah arah kebijakan untuk pengembangan kota seperti penataan kawasan Jatinegara.

Adapun yang ditata, yaitu pelebaran dan pembenahan trotoar, penataan parkir on street, pembangunan gedung parkir kawasan, pembangunan RTH, serta pemasangan pencahayaan kota.

Selain itu, Pemprov DKI akan menata kawasan danau akan membangun sarana dan prasarana olahraga, wisata air, jalur sepeda antar danau, dan mengadakan event-event lomba di kawasan tersebut. Terakhir, akan dilakukan penataan kawasan Eco Wisata Cipayung dan pengembangan kawasan Cakung Barat Terpadu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemprov DKI musrenbang
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top