Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musrenbang DKI : Jakarta Pusat dan Jakarta Timur akan Ditata Lagi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menilai indikator keberhasilan pembangunan berdasarkan pada pelayanan publik yang dapat langsung dirasakan oleh warg Ibu Kota.
Jembatan niaga Pasar Senen/Ilustrasi-Antara
Jembatan niaga Pasar Senen/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menilai indikator keberhasilan pembangunan berdasarkan pada pelayanan publik yang dapat langsung dirasakan oleh warg Ibu Kota.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan pembangunan di Jakarta akan berorientasi pada kesejahteraan hingga keluarga.

Adapun yang dibutuhkan oleh keluarga ini harus terfasilitasi dengan baik seperti tersedianya air bersih, pendidikan kepada anak-anak, kesehatan yang terjamin, dan tersedia lapangan kerja.

Dia menambahkan untuk meningkatkan dan mengoptimalisasi pelayanan masyarakat maka maka diperlukan pengembangan kawasan kota dan kabupaten administrasi secara selaras, terarah, terpadu, dan terintegrasi.

"Hasil musyawarah perencanaan pembangunan [Musrenbang] ini harus membuat setiap keluarga di Jakarta [dapat bersyukur] tinggal di Jakarta,” kata Anies dalam acara Musrenbang di Kota Administrasi Jakarta Timur dan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kamis (5/4/2018).

Adapun beberapa kebijakan dalam pengembangan wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat, yaitu pertama, pengelolaan kawasan Johar Baru melalui penataan kampung di lokasi RW kumuh, peningkatan dan pemeliharaan jalan, serta sistem drainase.

Kedua, pengembangan kawasan Senen seperti perbaikan infrastruktur kota untuk mendukung konsep TOD, penataan trotoar yang saling menghubungkan antar moda, dan pembangunan fasilitas pejalan kaki termasuk penyeberangan yang menghubungkan antara pusat transportasi ke pusat-pusat kegiatan.

Ketiga, penataan kawasan Pasar Baru seperti perbaikan infrastuktur kota untuk mendukung fungsi sebagai kawasan kegiatan perdagangan dan mengoptimalkan area parkir yang tersedia. Selain itu, meningkatkan kualitas jalur pedestrian dan jalur hijau untuk mendukung konsep water front city.

Sementara itu, dalam Forum Musrenbang di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur membahas sejumlah arah kebijakan untuk pengembangan kota seperti penataan kawasan Jatinegara.

Adapun yang ditata, yaitu pelebaran dan pembenahan trotoar, penataan parkir on street, pembangunan gedung parkir kawasan, pembangunan RTH, serta pemasangan pencahayaan kota.

Selain itu, Pemprov DKI akan menata kawasan danau akan membangun sarana dan prasarana olahraga, wisata air, jalur sepeda antar danau, dan mengadakan event-event lomba di kawasan tersebut. Terakhir, akan dilakukan penataan kawasan Eco Wisata Cipayung dan pengembangan kawasan Cakung Barat Terpadu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper