Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agenda Akhir Pekan: Berikut Rangkaian Acara HUT ke-492 Jakarta

Pemprov DKI Jakarta menggelar rangkaian acara pada HUT ke-492 Jakarta. Melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan diharapkan dapat memajukan perekonomian di Jakarta dan mendekatkan warga melalui seni.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menggelar rangkaian acara pada HUT ke-492 Jakarta. Melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan diharapkan dapat memajukan perekonomian di Jakarta dan mendekatkan warga melalui seni.

Berikut rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam perayaan HUT ke-492 Jakarta.

Live Mural

Live Mural Jakarta bakal berlangsung di terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat dan diikuti oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual dan Hima Rupakapala Universitas Paramadina.

Live Mural Jakarta juga diselenggarakan bekerja sama dengan iMural yang melukis dinding sepanjang terowongan sisi utara dengan tema Wajah Baru Jakarta.

Live Mural diadakan pada 17-21 Juni 2019 pada pukul 09.00-18.00 WIB.

Semasa Piknik dan Pasar Raia Keliling Vol. 2

Setelah sukses menyelenggarakan Semasa di Balaikota pada Maret 2019, Pemprov DKI Jakarta kembali bekerja sama dengan Semasa di Kota Tua untuk menghadirkan wadah bagi pelaku ekonomi kreatif.

Semasa di Kota Tua bakal menyelenggarakan bazar di luar ruangan yang bertajuk Semasa Piknik.

Warga dapat melihat dan membeli berbagai produk kreatif mulai dari pakaian, keramik, hingga kuliner. Terdapat 60 peserta yang turut berpartisipasi dalam gelaran tersebut.

Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng Sadari Sedari yang berfokus pada donasi pakaian bekas untuk pendidikan dalam rangka menyelenggarakan Pasar Raia Keliling Vol. 2.

Acara garage sale atau penjualan pakaian bekas ini dimeriahkan oleh Agni Pratista, Vania Herlambang, dan Alexandra Asmasoebrata.

Keuntungan dari Pasar Raia Keliling Vol. 2 akan didonasikan kepada LKSA Nurul Ihsan dan Skola Lipu di Sulawesi Tengah.

Kedua acara ini diselenggarakan di Lapangan Banteng pada 22-23 Juni 2019 pada pukul 10.00-18.30 WIB dan ditutup dengan pertunjukan Air Mancur Menari pada 18.30, 19.30, dan 20.15 WIB.

Malam Puncak HUT Ke-492 Jakarta 'Wajah Baru Jakarta'

Malam puncak HUT ke-492 Jakarta yang bertemakan 'Wajah Kota Baru' bakal digelar di Bundaran HI pada 22 Juni 2019.

Acara puncak tersebut memadukan unsur tradisional dan teknologi dengan menampilkan tari , lagu, dan kostum tradisional secara kolosal disertai pertunjukan video mapping.

Acara ini dimeriahkan oleh Pasha, Kotak, Siti Badriah, dan Wali dan terbagi menjadi tiga babak yaitu Jakarta Tempo Doeloe, Jakarta Membangun, dan Wajah Baru Jakarta.

Seribu Island 'Indie Festival'

Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan festival musik bertajuk Seribu Island 'Indie Festival' di Pulau Tidung pada 22 Juni 2019 pukul 15.30-24.00 WIB.

Festival ini menghadirkan musisi indie seperti Pusakata, Danilla, Sisitipsi, serta Alviandra Project dan pengunjung dapat menikmati aneka makanan dari bazar UKM Pulau Tidung.

Jakarnaval

Jakrnaval bakal digelar pada 30 Juni 2019 pukul 15.30-22.00 WIB yang meliputi parade budaya, parade modern, dan parade kendaraan hias.

Musisi yang turut memeriahkan gelaran tersebut antara lain Krisdayanti, Iwa K, dan Ada Band.

Peserta Jakarnaval 2019 akan terbagi menjadi 2 rute. Parade dengan berjalan kaki akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, melewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jl MH. Thamrin, berputar di perempatan depan Sarinah untuk kembali ke arah Monas dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas.

Adapun parade kendaraan hias akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, melewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jl. MH Thamrin, berputar di Bundaran HI, kembali ke arah Jl. Medan Merdeka Utara, melewati Patung Arjuna Wijaya, kemudian mengakhiri parade di depan kantor RRI.

Parade akan dilepas langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2019

JIPFest 2019 merupakn festival foto internasional pertama di Indonesia dan akan berlangsung pada 25 Juni hingga 9 Juli 2019.

Acara tersebut diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki (TIM) dan beberapa ruang publik lain yang menampilkan 13 program yang terdiri dari Exhibitions, Fringe, Workshops, Urban Photo Tour, VIP Dinner, Performances, Bazaar, Panel Discussions, Artist Talks, Public Lectures, Portfolio Review, Projection Nights, serta Awards.

JIPFest diikuti oleh lebih dari 50 peserta yang terdiri dari fotografer dan beragam profesi yang berhubungan dengan fotografi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Wildan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper