Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Komentari Usulan KKP, Anies: Tak Ada Pulau Baru Semuanya Pulau Jawa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan tidak ada pulau baru di Jakarta, menanggapi rencana pemanggilan Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP terkait dasar hukum penerbitan izin mendirikan bangunan di Pulau D hasil reklamasi di Teluk Jakarta.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 26 Juni 2019  |  19:07 WIB
Sebuah truk melintas di kawasan Pulau D hasil reklamasi, di kawasan pesisir Jakarta, Senin (17/6/2019). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk sejumlah bangunan di Pulau C dan D. - ANTARA/Galih Pradipta
Sebuah truk melintas di kawasan Pulau D hasil reklamasi, di kawasan pesisir Jakarta, Senin (17/6/2019). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk sejumlah bangunan di Pulau C dan D. - ANTARA/Galih Pradipta

ANIES: TIDAK ADA PULAU BARU, SEMUA NAMANYA PULAU JAWA

Bisnis.com, JAKARTA- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan tidak ada pulau baru di Jakarta, menanggapi rencana pemanggilan Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP terkait dasar hukum penerbitan izin mendirikan bangunan di Pulau D hasil reklamasi di Teluk Jakarta.

"Tidak ada nama pulau baru ya, karena semua namanya Pulau Jawa," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat ditemui usai rapat paripurna, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu.

Anies juga menegaskan bahwa kawasan itu bukan pulau melainkan pantai sesuai Konvensi Hukum Laut Internasional atau Hukum Perjanjian Laut (UNCLOS).

"Sekali lagi ini bukan pulau ya, kalau bisa dilihat di UNCLOS, jadi daratan inilah yang diberi nama pantai," ujar Anies lagi.

Anies juga menyampaikan bahwa itu merupakan bentuk konsistensi Pemprov DKI Jakarta dalam memberi nama semua daratan yang ada di bagian Pulau Jawa sebagai pantai.

"Malah kita konsisten menamakan semua daratan yang ada di bagian Pulau Jawa sebagai pantai, jadi misalnya ditanya Ancol Pulau Jawa atau bukan, Pulau Jawa padahal Pantai Ancol hasil dari reklamasi kan," katanya lagi.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anies baswedan reklamasi

Sumber : Tempo.co

Editor : Rahayuningsih
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top