Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran Betawi Hadirkan Berbagai Kuliner dan Budaya Betawi

Warga Jakarta hari ini dapat menyaksikan peresmian agenda budaya Lebaran Betawi. Sejumlah tokoh Betawi hadir saat acara Malam Mangkat berlangsung.
Aneka makanan khas Betawi/Istimewa
Aneka makanan khas Betawi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Warga Jakarta hari ini dapat menyaksikan peresmian agenda budaya Lebaran Betawi. Sejumlah tokoh akan hadir bersama rakyat.

Lebaran Betawi yang berlangsung 19-21 Juli 2019 menyajikan segala macam budaya dan nilai Betawi, mulai kuliner, tradisi dan keseniannya.

Panitia Lebaran Betawi ke-12 menyebutkan pergelaran budaya yang berlangsung di lapangan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, baru dibuka secara resmi pada Sabtu, 20 Juli 2019.

"Agenda malam ini istilahnya Malam Mangkat, sebuah tradisi Betawi ketika akan hajat besar, seperti mau kawinan. Minta pertolongan Allah SWT agar selesai baik, sejuk," kata Ketua Panitia Lebaran Betawi 2019 M Rifqi di Jakarta, Jumat (19/7/2019 )malam.

Hal tersebut disampaikan sosok yang akrab disapa Eki Pitung itu di sela Malam Mangkat yang menjadi rangkaian pergelaran Lebaran Betawi di lapangan silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Malam Mangkat dihadiri para tokoh, ulama, dan pengurus Badan Musyawarah (Bamus) Betawi, di antaranya Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah dan mantan Wakil DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana atau Haji Lulung.

Eki menjelaskan Malam Mangkat sebenarnya bukan pembukaan, melainkan rangkaian dari pergelaran Lebaran Betawi, yakni awalan untuk meminta doa kepada Tuhan.

Intinya, kata dia, Lebaran Betawi yang berlangsung 19-21 Juli 2019 menyajikan segala macam budaya dan nilai Betawi, mulai kuliner, tradisi dan keseniannya.

"Banyak yang bisa disajikan pada masyarakat Jakarta, termasuk wisatawan. Segala macam urusan kebetawian, dari kulinernye, tradisi keseniannye, maupun apapun sifatnya tradisi Betawi," katanya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun ini kembali menyelenggarakan Lebaran Betawi bekerja sama dengan Bamus Betawi.

Lebaran Betawi merupakan acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antarwarga Jakarta yang kental dengan nuansa Betawi setelah Lebaran Idul Fitri.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan akan hadir pada hari ketiga penyelenggaraan untuk mengikuti Prosesi Hantaran yang merupakan tradisi mengantarkan makanan dan minuman kepada yang dituakan.

Prosesi Hantaran dilakukan oleh para wali kota dan bupati kepada gubernur. Selain itu, Anies juga akan memberikan penghargaan kepada dua ulama Betawi, dua seniman Betawi, dan dua guru Silat Betawi.

Gelaran hari ketiga ini turut dimeriahkan dengan acara puncak, yaitu Sorendo-rendo Karnaval Budaya Nusantara oleh perwakilan dari lima wilayah Kota Administrasi dan 1 (satu) Kabupaten Kota Administrasi.

Sorendo-rendo merupakan parade defile dengan peserta berjumlah sekitar 2.000 orang yang memakai baju adat khas Nusantara dengan berjalan kaki mulai dari Balai Kota Jakarta, berputar di Bundaran Air Mancur Arjuna Wiwaha, kemudian masuk ke Pintu Barat Daya Monas (Pintu Patung Thamrin).

Pada hari terakhir, Lebaran Betawi akan dimeriahkan dengan Tarian Garapan, Silat Kolosal, Samrah Betawi, Qosidah dan Band Betawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper