Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemilihan Wagub DKI Jadi Tugas DPRD Periode Selanjutnya?

DPRD DKI Jakarta petahana mengakui ada kemungkinan tak bisa menyelesaikan pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 22 Juli 2019  |  13:53 WIB
Wakil Ketua Panitia Khusus Pemilihan Wagub DKI Jakarta Bestari Barus. - Antara/Sigid Kurniawan
Wakil Ketua Panitia Khusus Pemilihan Wagub DKI Jakarta Bestari Barus. - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA — DPRD DKI Jakarta petahana mengakui ada kemungkinan tak bisa menyelesaikan pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta.

Wakil Ketua Panitia Khusus Pemilihan Wagub DKI Jakarta Bestari Barus mengungkapkan bahwa kemungkinan tersebut terbuka akibat perkembangan kondisi terkini pemilihan wagub.

"Sangat terbukalah semua kemungkinan itu [molor hingga DPRD petahana berakhir]. Kita berharap segera terjadi pemilihan," ujar Bestari pada Senin (22/7/2019).

Kondisi tersebut di antaranya Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) yang tak pernah mencapai kuorum. Bahkan, pimpinan dari PKS dan Gerindra sendiri sebagai partai pengusung pun tak hadir.

Akhirnya, pelaksanaan Rapimgab yang isinya memfinalisasi tata tertib pemilihan wagub ini pun terus ditunda hingga tiga kali berturut-turut, dan hingga kini belum ada jadwal pelaksanaan Rapimgab terbaru.

"Pansus kan yang jelas mengikuti mekanisme. Pansusnya sudah selesai, diajukan ke Dewan. Nih, sudah tinggal dilaksanakan Rapimgab, sampai hari ini belum, tuh," tambahnya.

Menurut Bestari, apabila Rapimgab saja tidak pernah mencapai kuorum, apalagi Rapat Paripurna yang seharusnya digelar hari ini. Bestari pun belum tahu kapan Sekretaris Dewan akan menjadwalkan ulang Rapimgab dan Paripurna selanjutnya.

Rapat Paripurna akan mengesahkan tata tertib dan penetapan panitia pemilih (panlih) apabila mencapai kuorum. Para panlih ini akan terdiri dari satu orang perwakilan setiap fraksi parpol, sehingga terbentuk sembilan anggota panlih yang dipimpin oleh pimpinan dewan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wakil gubernur dki
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top