Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Anies: Pasien Gejala Ringan dan Sedang di RS Naik 11 Persen

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan dalam sepekan terakhir jumlah pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang yang dirawat di RS meningkat 11 persen.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  21:44 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. - Dok. Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. - Dok. Pemprov DKI

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa dalam sepekan terakhir terjadi peningkatan keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate oleh pasien Covid-19 gejala ringan di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19.

“Dalam seminggu terakhir ada kenaikan bed occupancy rate untuk tempat tidur isolasi dari 34 persen menjadi 45 persen ya memang di bawah separuh dari kapasitas kita tetapi ada kenaikan 11 persen,” kata Anies melalui keterangan resmi secara virtual, pada Kamis (16/7/2020) malam.

Kendati demikian, Anies menuturkan, terjadi penurunan terkait rasio keterisian tempat tidur bagi pasien dengan gejala berat sebesar 6 persen. Dengan demikian, menurutnya, jumlah pasien dengan gejala berat menurun yang dirawat di ruang intensive care unit (ICU).

“Tetapi pasien dengan gejala ringan dan sedang mengalami peningkatan ini terjadi karena tim puskesmas kita melakukan active finding case secara agresif,” ujarnya.

Berdasarkan data, dia mengatakan, dari 67 rumah sakit rujukan Covid-19 di wilayah DKI Jakarta terdapat 4.556 tempat tidur isolasi untuk pasien Covid-19 gejala ringan. Selain itu, terdapat 659 tempat tidur bagi pasien gejala berat yang dirawat di ruang ICU.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi fase pertama selama dua pekan ke depan.

Anies menyatakan dengan kondisi penularan virus Corona (Covid-19) yang masih cukup tinggi di DKI Jakarta, akan sangat berbahaya jika dilakukan pelonggaran PSBB transisi dan masuk ke fase kedua.

“Oleh sebab itu, kami memutuskan untuk kembali memperpanjang fase satu sampai dua pekan ke depan sebelum bisa beralih ke fase kedua,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta anies baswedan Virus Corona
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top