Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Video Azan Ajakan Jihad Viral, FPI Sebut Itu Inisiatif Masyarakat

FPI belum bisa memastikan apakah azan itu dilakukan di kawasan Petamburan yang merupakan tempat tinggal Rizieq Shihab atau di Pondok Pesantren Bahar bin Smith di Bogor.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Desember 2020  |  08:59 WIB
Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar, memberi keterangan kepada pers di Polda Metro Jaya, Rabu (17/5/2017) terkait pemeriksaan Firza Husein. - Bisnis.com/Juli Etha
Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar, memberi keterangan kepada pers di Polda Metro Jaya, Rabu (17/5/2017) terkait pemeriksaan Firza Husein. - Bisnis.com/Juli Etha

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah video dengan pelantun azan dengan ucapan 'hayya alal jihad' yang diduga terjadi di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, viral di media sosial.

Azan yang bermakna ajakan jihad itu viral di media sosial setelah kabar Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akan dipanggil Polda Metro Jaya untuk diperiksa.

Dalam video yang beredar, sejumlah orang bergamis putih dan berpeci mendengarkan azan. Muazin meneriakkan 'hayya alajihad' yang disambut oleh jamaah lain dengan ucapan yang sama disertai kepalan tangan.

Dalam video yang dibagikan akun Twitter @AntiBuzzerRp, tak kurang 10 video azan yang menayangkan ajakan jihad dibagikan. Seluruh video itu direkam oleh orang dan di tempat berbeda-beda.

Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar membenarkan tentang adanya azan itu. "Itu (inisiatif) dari masyarakat," ujar Aziz saat dihubungi, Senin (30/11/2020).

Aziz mengaku tak mengetahui lokasi azan itu dikumandangkan. "Saya tidak tahu itu di mana," kata Aziz.

Dia tak bisa memastikan apakah itu azan di kawasan Petamburan yang merupakan tempat tinggal Rizieq Shihab atau di Pondok Pesantren Bahar bin Smith di Bogor.

Sementara itu, Kepolisian Sektor Tanah Abang menurunkan personelnya untuk menyelidiki hal itu.

"Kami mengimbau ke masyarakat sambil bertanya apa benar di Petamburan (ada azan tersebut)? Sekalian tim Babinkamtibmas datang ke masjid-masjid mengimbau dan menanyakan," kata Kapolsek Metro Tanah Abang Ajun Komisaris Besar Singgih Hermawan saat dihubungi, Selasa (1/12/2020).

Sambil memastikan asal muasal azan itu, Singgih meminta agar masyarakat di sekitar Petamburan tidak terpengaruh atau terpancing oleh ajakan jihad itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polda metro jaya fpi habib rizieq

Sumber : Tempo

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top