Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kritik Pejabat Publik, Epidemiolog UI Malah Puji Anies

Menurut Pandu, Anies perlu dicontoh oleh pejabat publik lainnya untuk memberi informasi yang transparan ihwal Covid-19.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 04 Desember 2020  |  07:56 WIB
Dosen Statistik Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Dosen Statistik Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA – Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono memuji keterbukaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika dinyatakan positif Covid-19.

Menurut Pandu, Anies perlu dicontoh oleh pejabat publik lainnya untuk memberi informasi yang transparan ihwal Covid-19. Pasalnya, dia menuding masih banyak pejabat publik yang merahasiakan dirinya terinfeksi Covid-19.

“Selalu bergerak dan senyum gembira pak @aniesbaswedan. Ini juga teladan untuk terbuka status Covid-19 dan menyikapi dengan semangat,” cuit Pandu melalui akun twitter pribadinya pada Jumat (4/12/2020).

Langkah itu, dia melanjutkan, dapat menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap orang yang dinyatakan positif Covid-19.

“Banyak pejabat publik tidak terbuka, bahkan pejabat di sektor kesehatan,” kata dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi dirinya dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap PCR yang keluar pada Selasa (1/12/2020) dini hari.

Meski dikonfirmasi positif Covid-19, Anies tetap bekerja memimpin rapat-rapat secara virtual dan melakukan isolasi mandiri.

Adapun, pada Senin siang (30/11/2020), Anies memang telah melaksanakan tes usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta.

Sebelumnya, pada Rabu (25/11/2020), Gubernur Anies juga telah melakukan tes usap PCR rutin dan saat itu hasilnya juga negatif.

Setelah Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan positif Covid-19, Anies juga sempat melakukan tes usap antigen dan hasilnya negatif pada Minggu (29/11/2020).

Dia mengaku intens bertemu dengan Ariza untuk melaksanakan rapat berdua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan Covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top