Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Satpol PP Perketat Pengawasan Prokes di Pasar Tanah Abang

Sebanyak 600 personel bersiaga di delapan titik yakni Stasiun Tanah Abang, kolong Flyover Jatibaru, kolong Blok G sampai Blok F Tanah Abang untuk mencegah kepadatan warga.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 03 Mei 2021  |  17:15 WIB
Kerumunan masyarakat terlihat memadati Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (1/5/2021). - Antara\r\n
Kerumunan masyarakat terlihat memadati Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (1/5/2021). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengoptimalkan pengawasan kepatuhan protokol kesehatan di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan bahwa sebanyak 600 personel bersiaga di delapan titik yakni Stasiun Tanah Abang, kolong Flyover Jatibaru, kolong Blok G sampai Blok F Tanah Abang.

Kemudian pengawasan juga dilakukan di depan Blok A dan Blok B, Auri Tanah Rendah sampai Hotel Parmin, Pos Pemadam Kebakaran hingga kolong Blok B, Jalan Jatibaru 2 sampai Pos PPM, dan tikungan arah Blok G.

"Kami antisipasi potensi penyebaran Covid-19 dari adanya kepadatan di lokasi tersebut menjelang Hari Raya ldulfitri. Fokus pengawasan kepada penerapan ketentuan prokes dan pengendalian ketertiban umum," kata Arifin dalam keterangan resmi, Senin (3/5/2021).

Dia menjelaskan pengawasan oleh personel Satpol PP di lapangan dibantu oleh personel dari TNI-Polri. Secara teknis, personel meminimalisasi dan menertibkan segala bentuk pelanggaran prokes dan ketertiban umum.

"Personel Satpol PP juga memberikan imbauan dengan pengeras suara untuk mengingatkan prokes. Sedangkan, pengelola pasar membantu melakukan penjagaan dan pembatasan akses keluar masuk gedung pasar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya bakal menyiapkan layanan TransJakarta gratis menyusul kebijakan pemberhentian layanan KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, selama pukul 15.00 hingga 19.00 WIB.

“Untuk para masyarakat yang akan melakukan kegiatan yang biasanya menggunakan KRL dari stasiun Tanah Abang disiapkan layanan Transjakarta gratis,” kata Syafrin saat dijumpai di DPRD DKI Jakarta, Senin (3/5/2021).

Kebijakan TransJakarta gratis itu bakal melayani perjalanan dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Palmerah, Karet, Duri dan Angke. Adapun, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan sekitar 55 armada bus.

“Itu gratis untuk masyarakat yang akan menuju stasiun tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, perubahan jam operasional kereta commuter atau KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat akan diberlakukan mulai Senin (3/5/2021). Hal itu ditegaskan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Tanah Abang pada Minggu (2/5/2021).

Anies menyebut KRL tak akan berhenti di Stasiun Tanah Abang pada pukul 15.00 - 19.00 WIB mulai Senin (3/5). Menurutnya, kebijakan itu diambil untuk mencegah menumpuknya masyarakat yang hendak pulang dari Pasar Tanah Abang di stasiun tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta satpol pp pasar tanah abang idulfitri Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top