Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank DKI Salurkan KPR Program DP 0 Rupiah Senilai Rp198,8 Miliar

Bank DKI menyalurkan kredit Ro198,8 miliar kepada 730 penerima manfaat untuk tiga proyek program DP Nol Rupiah disejumlah lokasi.
Bank DKI dan Perumnas menandatangani akad bersama KPR untuk program Rumah Dp 0 Rupiah / Bank DKI
Bank DKI dan Perumnas menandatangani akad bersama KPR untuk program Rumah Dp 0 Rupiah / Bank DKI

Bisnis.com, JAKARTA - Bank DK telah merealisasikan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah DP 0 Rupiah sebesar Rp198,8 miliar hingga April 2021.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini megatakan kredit tersebut disalurkan kepada 730 penerima manfaat untuk tiga proyek program DP Nol Rupiah disejumlah hunian yang terdaftar oleh Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera (UFPRS).

Yang terbaru, Bank DKI bersama dengan Perumnas melakukan kegiatan penandatanganan akad kredit bersama kepada para penerima manfaat DP 0 Rupiah untuk hunian Samesta Sentraland Cengkareng, Jakarta Barat.

"Selain hunian Samesta Sentraland Cengkareng, Bank DKI juga menyalurkan KPR FPPR pada hunian Menara Samawa Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang dikembangkan oleh KSO Sarana-Totalindo/Perumda Pembangunan Sarana Jaya dan Rusunami Bandar Kemayoran, Jakarta Utara yang juga dikembangkan oleh Perumnas," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (29/5/2021).

Herry menyampaikan pihaknya masih terus memproses pengajuan kredit yang dilakukan calon penerima manfaat program hunian DP 0 Rupiah, Menurutnya, proses penyaringan tersebut akan dilakukan sesuai dengan prinsip kehati-hatian.

Sebagai Bank pelaksana Program DP 0 Rupiah, Bank DKI berfungsi memverifikasi warga DKI Jakarta yang dinilai telah memenuhi kriteria kredit atau pembiayaan perbankan khusus program sebagai calon penerima manfaat.

Per April 2021, Bank DKI telah memproses lebih dari 1.500 permohonan dan 730 diantaranya telah melakukan penandatanganan akad.

Terlaksananya proyek hunian DP 0 Rupiah Apartemen Sentraland Cengkareng yang dikembangkan oleh Perumnas ini merupakan bagian dari tanggung jawab Bank DKI dalam mendukung pembangunan kota Jakarta dalam peningkatan layanan kepada masyarakat DKI Jakarta.

"Hal itu sesuai visi Pemprov DKI Jakarta, yaitu maju kotanya, bahagia warganya," jelasnya.

Program DP 0 Rupiah merupakan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dikelola oleh Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera (UFPRS) di bawah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta.
Program yang dikenal dengan Samawa ini memberikan Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah untuk memiliki unit rumah sudah jadi dan siap huni di DKI Jakarta.

Adapun, kriteria calon penerima manfaat wajib memenuhi persyaratan antara lain seperti warga DKI Jakarta yang dibuktikan dengan e-KTP, belum memiliki rumah sendiri, tidak sedang menerima bantuan/subsidi perumahan Pemerintah Pusat/Daerah, tidak memiliki pinjaman bermasalah pada pihak ketiga/Bank atau lembaga non keuangan dan memiliki NPWP.

Program hunian DP 0 Rupiah ini sendiri memberikan harapan bagi masyarakat untuk dapat memiliki hunian di tengah kekhawatiran harga properti yang terus meningkat tiap tahunnya, dengan tersedianya kemudahan pembiayaan yang ringan, masyarakat memiliki kesempatan untuk memiliki hunian tersebut, termasuk generasi milenial atau keluarga baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper