Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 BUMD Penyetor Dividen Terbesar ke Kas DKI, Salah Satunya Perusahaan Bir

Pemprov DKI meraup dividen senilai Rp826 miliar dari 17 perusahaan, salah satunya perusahaan bir PT Delta Djakarta Tbk.
Produk PT Delta Djakarta/Bisnis.com
Produk PT Delta Djakarta/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) masih membagikan dividen dengan nilai cukup besar kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun lalu meskipun pandemi Covid-19 melanda.

Total, Pemprov DKI meraup dividen senilai Rp826 miliar dari 17 perusahaan. Beberapa di antaranya, masih mampu memberikan setoran dengan jumlah yang tidak kecil. Terlebih, setoran diserahkan pada tahun pertama Indonesia dilanda pandemi.

Berikut 5 BUMD yang memberikan setoran paling besar kepada Pemprov DKI tahun lalu:

1. PT Bank DKI

PT Bank DKI menjadi BUMD yang menyerahkan dividen dengan nilai tertinggi kepada Pemprov DKI Jakarta pada 2020. Mengutip laporan resmi laporan resmi BUMD DKI Jakarta, Jumat (22/10/2021), Bank DKI menyetor dividen senilai Rp285, 9 miliar.

Kendati Jakarta sudah dilanda pandemi, setoran Bank DKI kepada Pemprov DKI Jakarta justru naik sekitar 16 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2019, Bank DKI menyetor dividen sebanyak Rp240 miliar.

2. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta)

Transjakarta menjadi BUMD yang menyerahkan dividen dengan nilai tertinggi kedua kepada Pemprov DKI Jakarta pada 2020. Adapun, Transjakarta menyetor dividen senilai Rp285,9 miliar kepada Pemprov DKI Jakarta.

Sama halnya dengan Bank DKI, setoran Transjakarta ke Pemprov DKI Jakarta tercatat naik, yakni sekitar 26 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2019, Transjakarta menyetor dividen sebanyak Rp114,19 miliar.

3. PD Air Minum Jaya (PAM Jaya)

PAM Jaya menjadi BUMD yang menyerahkan dividen dengan nilai tertinggi ketiga kepada Pemprov DKI Jakarta pada 2020. Adapun, PAM Jaya menyetor dividen senilai Rp131,10 miliar kepada Pemprov DKI Jakarta.

Kendati menjadi BUMD yang memberika setoran cukup besar pada 2020, PAM Jaya tidak membagikan dividen ke Pemprov DKI pada tahun sebelumnya.

4. PT Delta Djakarta Tbk

PT Delta Djakarta Tbk. menjadi BUMD yang menyerahkan dividen dengan nilai tertinggi keempat kepada Pemprov DKI Jakarta pada 2020. Adapun, Perusahaan bir tersebut menyetor dividen senilai Rp81,97 miliar kepada Pemprov DKI Jakarta.

Tidak seperti Bank DKI dan Transjakarta, setoran Delta ke Pemprov DKI Jakarta tercatat turun, yakni sekitar 18,4 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2019, perusahaan berkode saham DLTA itu menyetor dividen sebanyak Rp100,47 miliar.

5. Perumda Pasar Jaya

Perumda Pasar Jaya menjadi BUMD yang menyerahkan dividen dengan nilai tertinggi kelima kepada Pemprov DKI Jakarta pada 2020. Adapun, Perusahaan bir tersebut menyetor dividen senilai Rp41,53 miliar kepada Pemprov DKI Jakarta.

Sama halnya seperti Bank DKI dan Transjakarta, setoran Perumda Pasar Jaya ke Pemprov DKI Jakarta tercatat tercatat naik, yakni sekitar 18,4 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2019, Perumda Pasar Jaya menyetor dividen sebanyak Rp39,49 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper