Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bantah Bamsoet, Anies: Bukan Presiden yang Tentukan Lokasi Formula E

Anies Baswedan membantah bahwa penentuan lokasi sirkuit ajang Formula E di Jakarta pada 2022 akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 25 November 2021  |  18:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. - Dok. Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. - Dok. Pemprov DKI

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah bahwa penentuan lokasi sirkuit ajang Formula E di Jakarta pada 2022 akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Enggak ada. Masa lokasi yang menentukan Presiden? Ya, enggak lah. Lokasi kok urusan Presiden," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, pada Kamis (25/11/2021).

Terkait dengan lokasi, Anies mengatakan akan ditentukan oleh Formula E Operations (FEO), Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan PT Jakarta Propertindo atau Jakpro.

Sejauh ini, belum ada informasi lanjutan mengenai kepastian lokasi sirkuit Formula E di Jakarta. Anies juga mengatakan IMI akan memberikan klarifikasi terkait dengan informasi yang disampaikan mengenai Formula E.

Sebelumnya, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan semua pihak, termasuk pemerintah pusat bisa memberikan usulan ataupun rekomendasi terkait dengan lokasi penyelenggaraan ajang tersebut dan keputusan pada akhirnya ada di tangan pihak Formula E.

"Terkait dengan dukungan dari Pemerintah Pusat, kami sangat bersyukur dan berterima kasih. Semua bisa mengusulkan, merekomendasikan yang terbaik. Pada akhirnya yang memutuskan pihak Formula E," kata Riza kepada wartawan, Kamis (25/11/2021).

Dia menambahkan, beberapa syarat yang mesti dipenuhi bagi sirkuit tempat diselenggarakannya ajang Formula E adalah segi keamanan sehingga cocok untuk kepentingan semua pihak.

Pernyataan Bamsoet

Sebelumnya, Ketua MPR sekaligus Ketua IMI Bambang Soesatyo mengatakan penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022 (Formula E) yang akan diselenggarakan pada 4 Juni 2022 tidak boleh dilakukan di kawasan Monas dan Gelora Bung Karno (GBK).

Saat jamuan makan malam bersama Co-Founder sekaligus Chief Championship FEO Alberto Longo dan Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto semalam, Rabu (24/11), keduanya memaparkan tempat lain di luar Monas dan GBK.

Setidaknya ada lima lokasi strategis yang akan dijadikan pilihan sirkuit Jakarta E-Prix 2022. Semuanya adalah Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta International Stadium (JIS), serta kawasan Ancol.

Lebih lanjut, Bamsoet mengatakan bahwa pihaknya mendapat informasi bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meminta waktu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta arahan terkait lokasi Formula E di Jakarta.

"Saya mendengar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah meminta waktu kepada Presiden Joko Widodo bersama Alberto Longo untuk meminta arahan dan pendapat terkait lokasi mana yang paling tepat untuk dijadikan sirkuit. Presiden Joko Widodo yang nanti akan memutuskan,” kata Bambang melalui keterangan pers, Kamis (25/11/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Anies Baswedan Bambang Soesatyo Formula E Championship Formula E
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top