Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies Resmikan Lapangan Ingub Muara Angke Bertandar FIFA

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Lapangan Ingub Muara Angke berstandar FIFA.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 27 November 2021  |  09:26 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus tindak pidana korupsi (tipikor) pengadaan tanah Munjul Jakarta Timur, Selasa (21/9). JIBI - Bisnis/Rahmad Fauzan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus tindak pidana korupsi (tipikor) pengadaan tanah Munjul Jakarta Timur, Selasa (21/9). JIBI - Bisnis/Rahmad Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Lapangan Ingub Muara Angke di Jl. Dermaga, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Jumat malam (26/11/2021).

Anies mengatakan fasilitas olahraga itu berstandar internasional, khususnya sepak bola, yang berlokasi di tengah kampung Jakarta.

Hal ini dibuktikan dengan adanya rumput sintetis bersertifikat FIFA yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung, seperti backstop dan lampu lapangan, serta fasilitas penunjang lainnya.

"Targetnya yaitu pengguna masyarakat umum. Khususnya, kalangan menengah ke bawah yang selama ini peluangnya kecil untuk bisa menikmati fasilitas berstandar internasional dengan mudah dan gratis. Hal itu kini bisa didapatkan di lingkungan sekitarnya," kata Anies melalui keterangan resmi, Sabtu (27/11/2021).

Mengenai nama lapangan, Anies menerangkan penamaannya terinspirasi dari Sekolah Dasar Inpres yang dulu hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat menengah ke bawah dalam mendapatkan pendidikan yang setara dengan masyarakat menengah ke atas. 

"Lapangan sepak bola berstandar kelas dunia ini nantinya akan dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak untuk dikomersialkan dan masyarakat dapat menggunakannya secara gratis sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata dia. 

Terkait peraturan tersebut, dia mengatakan perlu adanya pengaturan penggunaan fasilitas lapangan agar kualitas saat ini dapat terus terjaga. Dengan demikian, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta meluncurkan aplikasi E-Booking Fasilitas Olahraga sebagai alat pemesanan fasilitas olahraga secara elektronik. Saat ini, aplikasi E-Booking Fasilitas Olahraga sudah terintegrasi dengan super app JAKI (Jakarta Kini).

"Nantinya, seluruh masyarakat DKI Jakarta yang ingin menggunakan fasilitas-fasilitas olahraga milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat memanfaatkan layanan ini secara gratis. Cukup dengan mengunduh aplikasi JAKI melalui perangkat seluler," tuturnya.

Lapangan Ingub Muara Angke ini memiliki luas lahan sebesar 12.500 meter persegi. Fasilitas ini merupakan aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (KIB A Sudinpora Jakarta Utara) dan hasil dari revitalisasi tahun 2019 melalui dana pelampauan Koefisien Lantai Bangunan (KLB).

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus; Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari; Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi DKI Jakarta, Uus Kuswanto; perwakilan jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, serta beberapa tokoh masyarakat Muara Angke.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fifa Anies Baswedan
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top