Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sirkuit Formula E Jakarta 2022 Pakai Bambu, Ini Tujuannya

Sirkuit Formula E Jakarta 2022 menggunakan bambu. Bukan untuk mengirit pengeluaran, namun ini tujuannya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Maret 2022  |  13:23 WIB
Sirkuit Formula E Jakarta 2022 Pakai Bambu, Ini Tujuannya
Foto udara pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, Kamis (24/2/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sirkuit Formula E Jakarta 2022 menggunakan bambu. Apa tujuannya?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan penggunaan bambu sebagai salah satu material konstruksi untuk memperkuat sirkuit Formula E Jakarta di Ancol karena mampu menyerap kandungan air dari dalam tanah yang lunak.

"Itu kuat, justru memperkuat. Bukan berarti bambu kemudian tidak ada batunya, bukan. Itu di lapisan tertentu," kata Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Menurut dia, bambu akan memberikan daya dukung terhadap tanah terutama tanah lunak sehingga membuat lintasan menjadi lebih baik dan permanen.

Penggunaan bambu, lanjut dia, juga hanya di beberapa titik tertentu yang ada kandungan tanah lunak.

Riza yang merupakan insinyur dari Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) Jakarta itu mengatakan penggunaan bambu sudah banyak dan biasa digunakan untuk konstruksi di antaranya pembangunan di daerah pinggiran sungai.

"Di banyak tempat juga digunakan seperti di daerah pinggiran sungai, di mana cukup berair untuk penguatan dan itu biasa dalam teknik sipil untuk pekerjaan jalan," ucapnya.

Pembangunan sirkuit Formula E dikerjakan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama selama 54 hari sesuai kontrak kerja yang dilakukan sejak 2 Februari 2022.

Sirkuit Formula E Jakarta memiliki panjang 2,4 kilometer (km) dengan lebar 12 meter. Rencananya, Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) memiliki 18 tikungan dengan desain mirip kuda lumping dengan pemandangan Jakarta International Stadium (JIS).

Ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta akan diadakan pada 4 Juni 2022 dengan total anggaran pembangunan lintasan mencapai Rp60 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wagub dki Formula E Jakarta

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top