Pesan Anies ke Pemudik Bus Gratis: Ponsel Disimpan Lalu Ngobrol Dengan Anak

Program Mudik Gratis oleh Pemprov DKI Jakarta tidak hanya mengantarkan para pemudik sampai ke kampung halaman, tetapi juga mendekatkan hubungan emosional orang tua-anak.
Pemudik mengikuti mudik bersama yang diprakarsai oleh Pemprov DKI Jakarta di kawasan Silang Monas, Jakarta, Kamis (30/5/2019)./Antara
Pemudik mengikuti mudik bersama yang diprakarsai oleh Pemprov DKI Jakarta di kawasan Silang Monas, Jakarta, Kamis (30/5/2019)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap program Mudik Gratis yang diselenggarakan Pemrov DKI Jakarta bisa meningkatkan hubungan emosional antara orang tua dan anak.

Hal itu disampaikannya saat melepas keberangkat 11.000 pemudik yang ikut program mudik gratis Pemprov DKI di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timut pada Rabu (27/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut Anies berpesan agar para orang tua memanfaatkan momen tersebut untuk lebih banyak bercengkerama dengan anak-anaknya.

"Begitu perjalanan dimulai HP-nya disimpan baik-baik. Jangan dipakai sepanjang jalan, gunakan perjalanan ini untuk mendongeng pada anak-anak," katanya dikutip dari YouTube Anies Baswedan, Kamis (28/4/2022).

Anies juga meminta para orang tua untuk berkisah tentang perjalanan hidup atau kisah perantauannya di Jakarta.

Sang Gubernur juga menyarankan para orang tua untuk menunjukan lokasi-lokasi di sepanjang perjalanan yang menggambarkan keindahan Indonesia.

"Tunjukan negeri ini negeri yang indah biar anak-anak kita sepanjang perjalanan memiliki pengalaman. Kalau sepanjang jalan semua pegang HP maka tidak ada bedanya di dalam ruang tidak bepergian," katanya.

Lebih lanjut, dalam program Mudik Gratis ini, Anies berharap para pemudik bisa menikmati perjalanan dan selamat sampai tujuan. Namun, secara khusus dia ingin program mudik gratis membawa pengalaman tersendiri bagi anak-anak.

Sakadar informasi, Pemprov DKI Jakarta menggelar program mudik gratis untuk Lebaran tahun ini.  Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sekitar 492 unit bus dan 31 unit truk untuk motor dalam program tersebut.

Seluruh armada itu memfasilitasi lima rute yakni Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Perinciannya, ada 292 unit bus yang diberangkatkan pada arus mudik, sedangkan untuk arus balik disiapkan 200 bus.

Sementara itu, untuk truk motor terdiri dari 22 truk berangkat saat arus mudik dan sembilan truk untuk melayani arus balik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper