Ini Alasan Anies Buka Acara HUT ke-495 Jakarta di Pulau Bidadari

Upacara pembukaan HUT ke-495 DKI Jakarta diselenggarakan di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta, pada Selasa (24/5/2022)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan / Pernita Hestin Untari
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan / Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA - Rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta atau Jakarta Hajatan dimulai pada hari ini, Selasa (24/5/2022) di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan alasan dipilihnya Pulau Bidadari sebagai lokasi opening ceremony adalah karena ingin menunjukkan bahwa Jakarta bukan hanya daratan saja. Bahkan, Anies mengklaim Jakarta merupakan satu-satunya kota besar di dunia yang memiliki daerah kepulauan.

"Pertama lokasi hajatan ini di Pulau Seribu kita ingin mengirimkan pesan Jakarta terdiri dari daratan dan lautan. Tidak ada kota besar di dunia yang memiliki daratan dan kepulauan seperti di Jakarata satu satunya di dunia," katanya di Pulau Bidadari, Selasa (24/5/2022).

Anies Baswedan juga mengungkapkan alasan memilih 'Jakarta Hajatan' sebagai tajuk ulang tahun Jakarta tahun ini. Menurutnya istilah tersebut merepresentasikan suku asli Jakarta yakni betawi.

"Jakarta Hajatan karena perayaan atas apa yang kita jalani hari ini. Kita mulai hari ulang tahun menjadi Jakarta Hajatan, ini istilah yang sangat Betawi. Hajatan pasti tau ada senangnya ada perayaannya. Hajatan itu pasti ramai-ramai, semua orang datang. Jaman dulu semua saling bantu hajatan bisa berjalan dengan baik," paparnya.

Lebih lanjut, Gubernur DKI juga menyampaikan rangkaian Jakarta Hajatan kali ini mengusung tiga tema utama yakni Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi.

Kolaborasi, kata Anies, diartikan sebagai semua pekerjaan membangun Ibu Kota dilakukan dengan prinsip kolaborasi, keseteraaan, dan saling mendukung.

"Kedua akselerasi, kita ingin melakukan percepatan dalam banyak hal khususnya di Kepulauan Seribu ini. Ketiga elevasi, kita ingin masyarakat kita naik derajatnya," katanya.

Terakhir, Anies mengatakan bahwa ada banyak acara dalam rangkaian Jakarta Hajatan ke-495. Beberapa di antaranya adalah Ziarah Taman Makam Pahlawan, gelaran balap Formula E, Award, dan Konser musik.

Untuk konser musik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar malam puncak HUT ke 495 DKI Jakarta di Jakarta International Stadium (JIS) pada 25 Juni mendatang.

Mereka berencana untuk mengundang sejumlah penyanyi kenamaan di antaranya Rich Brian, NIKI, Isyana, Raisa, Gamaliel dan Marion Jola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper