Perang Kata Sahroni vs Erick Thohir Soal BUMN Absen Sponsor Formula E

Dari sekian puluh perusahaan yang terlibat tidak ada satupun BUMN yang menjadi sponsor Formula E.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser)./Antara
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Teka-teki sponsor Formula E Jakarta terjawab sudah. Panitia telah memaparkan daftar perusahaan yang akan mendukung ajang balapan mobil listrik. 

Menariknya, dari sekian puluh perusahaan yang terlibat tidak ada satupun BUMN yang menjadi sponsor Formula E.

Padahal belum lama ini Panitia Formula E Ahmad Sahroni mengunggah foto bersama Menteri BUMN Erick Thohir di akun Instagram @ahmadsahroni88. 

"Alhamdulillah makasih Pak Menteri @erickthohir atas support-nya. Mohon doa biar acara 4 Juni 2022 berjalan lancar dan aman, amin," tulis Sahroni, Sabtu (21/5/2022) lalu.

Namun tak lama berselang, Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Formula E Ahmad Sahroni justru buka-bukaan mengenai keterlibatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menjadi sponsor Formula E yang akan digelar pada 4 Juni 2022.

Dia mengatakan hingga saat ini belum ada kepastian soal BUMN untuk menjadi sponsor.

“Tanya Erick lah jangan tanya saya, tanya Pak Erick,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Sahroni melanjutkan, saat ini Menteri BUMN Erick Thohir sedang berada di Amerika Serikat sertadijadwalkan tiba di Jakarta pada 2 Juni 2022. 

“Nanti kalau sudah sampai [Erick ke Indonesia] kalian [wartawan] tolong tanya ke Erick,” ujarnya.

Erick Thohir Menjawab

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir angkat bicara terkait alasan perusahaan pelat merah tidak menjadi sponsor ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta yang akan digelar Sabtu, 4 Juni 2022.

"Kita partisipasi di banyak tempat, ada G20, ada juga beberapa event yang sudah ditugaskan," kata Erick saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Merujuk laman resmi Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E pada https://www.fiaformulae.com tercantum beberapa jenis sponsor, di antaranya sponsor utama, global, teknis hingga partner biasa.

Sebagai tuan rumah, banyak pula sponsor dari Indonesia yang terlibat langsung dalam balapan mobil listrik di bawah bendera FIA tersebut.

Meski Formula E tak mendapat dukungan sponsor dari perusahaan BUMN, ajang balapan mobil listrik itu dipastikan tepat berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim siap bertarung dalam seri ke-8 balap mobil listrik Formula E di Jakarta pada Sabtu (4/6/2022).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebelumnya mengatakan bahwa ajang balap mobil listrik Formula E menjadi komitmen Pemerintah DKI Jakarta untuk mewujudkan komitmen langit biru di ibu kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper