Baim Wong Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week, Begini Respons Wagub DKI

Wagub DKI menegaskan Citayam Fashion Week milik semua sebagai respons atas upaya Baim Wong yang mendaftarkannya ke Dirjen HAKI.
Baim Wong mendaftarkan HAKI Citayam Fashion Week, begini respons Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @baimwong
Baim Wong mendaftarkan HAKI Citayam Fashion Week, begini respons Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @baimwong

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons upaya Baim Wong  mendaftarkan Citayam Fashion Week (CFW) ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). 

Baim Wong melalui perusahaannya PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan CFW ke Ditjen HAKI pada 20 Juli 2022. Pendaftaran bernomor JID202205218 tersebut masuk ke kategori jasa hiburan yang bersifat peragaan busana. 

"Iya itu silahkan saja Baim Wong, namun itu kan milik publik," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (25/7/2022). 

Riza Patria mengatakan bahwa zebra cross yang kerap digunakan untuk kegiatan CFW merupakan fasilitas publik. 

"Jalan itu milik publik, milik Pemerintah, ada jalan Pemerintah Pusat, jalan Pemprov, ada jalan Kabupaten/Kota, ada jalan desa, jalan komplek, jalan perumahan, jalan kampung, macem-macem. Ya kalau CFW didaftarkan sebagai HAKI oleh Baim Wong ya itu punya publik," paparnya. 

Dia pun menyebutkan bahwa Baim Wong tidak bisa langsung mengklaim CFW sebagai milik pribadi. Menurutnya, CFW adalah milik semua orang karena berada di ruang publik sehingga siapapun bisa ikut berpartisipasi.

Sebelumnya, YouTuber Baim Wong juga menyebutkan CFW bukan miliknya meskipun telah mendaftarkan kegiatan tersebut. Melalui, Instagram @baimwong, dia menjelaskan komunitas Citayam Bojong Gede dan Depok. Juga, milik Indonesia.

Baim Wong menyebutkan bahwa dirinya hanyalah orang yang memunyai visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat tren itu mejadi wadah legal, dan tidak musiman.

"Dan yang paling penting bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," katanya. 

Selanjutnya, dia menjelaskan mengapa dirinya tergerak mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Ditjen HAKI Kemenkumham. Baim Wong menyebut, hal itu dilatarbelakangi istrinya, Paula Verhoeven, yang memahami dunia fesyen.

Paula, ujarnya, melihat Citayam Fasion Week merupakan suatu gerakan orang-orang yang memperdulikan fesyen.

"Dan ternyata, fesyen di Indonesia itu tidak harus mahal dan mereka bangga memakainya. Kebanggaan itu adalah achievement yang penting, dan harus dibudidayakan," tandas Baim Wong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper