Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Timnas Indonesia vs Curacao Batal Digelar di JIS, PSSI: Stadion Belum Layak

PSSI mengungkapkan alasam laga kedua antara Timnas Indonesia dan Curacao dalam FIFA Match Day batal digelar di Jakarta International Stadium (JIS).
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 09 September 2022  |  13:06 WIB
Timnas Indonesia vs Curacao Batal Digelar di JIS, PSSI: Stadion Belum Layak
Timnas Indonesia vs Curacao Batal Digelar di JIS, PSSI: Stadion Belum Layak - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengungkapkan bahwa laga kedua antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia dan Curacao dalam FIFA Match Day batal digelar di Jakarta International Stadium (JIS). Pertandingan tersebut awalnya direncanakan dilaksanakan pada 27 September 2022..

PSSI menyebutkan bahwa JIS belum layak untuk menggelar FIFA Match Day. Sementara itu, untuk laga pertama dipastikan tetap dilangsungkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 24 September 2022.

"Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur. Area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara," kata Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (9/9/2022).

Yunus melanjutkan bahwa concourse timur bahkan belum dapat digunakan. Selain itu, perimeter tribun juga masih perlu dilakukan pengkajian ulang.

"Pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh dan sarana prasarana pendukung seperti kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar," katanya.

Yunus menyebutkan bahwa FIFA Match Day sangat berpotensi mengundang banyak animo penonton. Sehingga perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25 persen, 50 persen, 75 persen, dan 100 persen.

Sementara itu, lanjut Yunus, JIS hanya menyediakan sekitar kantung parkir 800 unit kendaraan roda empat. Padahal daya tampung JIS mencapai 80 ribu kursi.

"Itu sangat riskan. Padahal, jika timnas main, animo masyarakat untuk ber duyun-duyun ke stadion sangat tinggi. Selain itu masuk stadion hanya satu pintu sehingga dikhawatirkan jika bersamaan keluar akan memakan waktu yang lama," ungkap Yunus.

Yunus juga mengomentari soal plafon yang rendah. Hal tersebut menyebabkan bus tidak bisa masuk dan berdampak bus tim tamu dan tim tuan rumah terhenti di area umum.

Kendala lain adalah biaya sewa stadion yang tinggi. Tim sekelas Persija Jakarta pun lebih memilih stadion di Bekasi.

Saat ini PSSI masih dalam taraf pembicaraan dengan beberapa stadion untuk pertandingan kedua di antaranya Stadion Pakansari, di Bogor, dan Stadion Patriot, Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta International Stadium pssi timnas indonesia fifa
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top