Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas Indonesia vs Curacao Batal Digelar di JIS, PSSI: Stadion Belum Layak

PSSI mengungkapkan alasam laga kedua antara Timnas Indonesia dan Curacao dalam FIFA Match Day batal digelar di Jakarta International Stadium (JIS).
Timnas Indonesia vs Curacao Batal Digelar di JIS, PSSI: Stadion Belum Layak/Antara
Timnas Indonesia vs Curacao Batal Digelar di JIS, PSSI: Stadion Belum Layak/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengungkapkan bahwa laga kedua antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia dan Curacao dalam FIFA Match Day batal digelar di Jakarta International Stadium (JIS). Pertandingan tersebut awalnya direncanakan dilaksanakan pada 27 September 2022..

PSSI menyebutkan bahwa JIS belum layak untuk menggelar FIFA Match Day. Sementara itu, untuk laga pertama dipastikan tetap dilangsungkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 24 September 2022.

"Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur. Area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara," kata Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (9/9/2022).

Yunus melanjutkan bahwa concourse timur bahkan belum dapat digunakan. Selain itu, perimeter tribun juga masih perlu dilakukan pengkajian ulang.

"Pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh dan sarana prasarana pendukung seperti kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar," katanya.

Yunus menyebutkan bahwa FIFA Match Day sangat berpotensi mengundang banyak animo penonton. Sehingga perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25 persen, 50 persen, 75 persen, dan 100 persen.

Sementara itu, lanjut Yunus, JIS hanya menyediakan sekitar kantung parkir 800 unit kendaraan roda empat. Padahal daya tampung JIS mencapai 80 ribu kursi.

"Itu sangat riskan. Padahal, jika timnas main, animo masyarakat untuk ber duyun-duyun ke stadion sangat tinggi. Selain itu masuk stadion hanya satu pintu sehingga dikhawatirkan jika bersamaan keluar akan memakan waktu yang lama," ungkap Yunus.

Yunus juga mengomentari soal plafon yang rendah. Hal tersebut menyebabkan bus tidak bisa masuk dan berdampak bus tim tamu dan tim tuan rumah terhenti di area umum.

Kendala lain adalah biaya sewa stadion yang tinggi. Tim sekelas Persija Jakarta pun lebih memilih stadion di Bekasi.

Saat ini PSSI masih dalam taraf pembicaraan dengan beberapa stadion untuk pertandingan kedua di antaranya Stadion Pakansari, di Bogor, dan Stadion Patriot, Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper