Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaleidoskop 2022: Ini 9 Peristiwa Penting di Jakarta Sepanjang Tahun 2022

Peningkatan keterisian tempat tidur akibat lonjakan kasus Covi-19 varian Omicron, Formula E hingga UMP 2023 menjadi tiga dari 9 peristiwa penting di Jakarta.
Pembalap Jaguar TCS, Mitch Evans melaju saat mengikuti qualifikasi Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). /Antara Foto-Wahyu Putro A
Pembalap Jaguar TCS, Mitch Evans melaju saat mengikuti qualifikasi Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). /Antara Foto-Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Peningkatan keterisian tempat tidur di rumah sakit (RS) akibat lonjakan kasus Covi-19 varian Omicron, Formula E hingga kenaikan UMP 2023 menjadi tiga dari 9 banyak peristiwa penting sepanjang tahun 2022.

Berikut 9 kejadian penting di Jakarta sepanjang tahun 2022:

1. Varian Omicron Picu Kenaikan BOR

Pada Januari 2022, penularan kasus Covid-19 varian Omicron sempat memicu kenaikan bed occupancy rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (RS) di Jakarta.

Bahkan mencapai angka 7 persen. Meskipun tidak terlalu tinggi, kenaikan tersebut terjadi setelah Covid-19 mulai sedikit terkendali.

2. Anies Kalah di PTUN

Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022 Anies Baswedan kalah melawan warga soal banjir di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta pada Februari 2022.

Dalam amar putusan perkara PTUN nomor 205/G/TF/2021/PTUN.JKT yang diunggah 15 Februari 2022, Anies diwajibkan mengerjakan pengerukan Kali Mampang secara tuntas sampai ke wilayah Pondok Jaya dan memproses pembangunan turap sungai di Kelurahan Pela Mampang.

Tidak hanya segera direalisasikan dengan melakukan pengerukan berkala dan penurapan di wilayah Kali Mampang sesuai keputusan PTUN, tapi juga di kali dan saluran air di wilayah-wilayah rawan banjir di Kali Krukut, Kali Cipinang, maupun saluran air di wilayah Tebet.

3. TransJakarta Revitalisasi 46 Halte Rp600 Miliar

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT TransJakarta menggelar revitalisasi massal halte TransJakarta yang dimulai pada April 2022. Ada sekitar 46 halte yang direvitalisasi tahun ini dengan biaya Rp600 miliar.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Mochammad Yana Aditya menyebut, bahwa dana bersumber dari internal perusahaan. Proyek revitalisasi tersebut sebagai upaya perusahaan mengurangi waktu tunggu penumpang.

Pro Kontra Slogan Baru Jakarta Era Heru Budi

4. Formula E

Balapan mobil listrik kursi tunggal, Formula E pertama di Indonesia, digelar di Ibu Kota pada 4 Juni 2022 di Jakarta International E-prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara.

Pembalap asal Selandia Baru, Mitch Evans menorehkan prestasi kala itu. Dia meraih gelar juara dalam gelaran Formula E Jakarta 2022. Sementara itu, Jean-Eric Vergne (DS Techeetah) berada di posisi kedua dan Edoardo Mortara (Rokit Venturi Racing) di posisi ketiga.

5. Grand Launching JIS

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar grand launching Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada 24 Juli 2022.
Grand launching JIS terbuka untuk warga Jakarta yang ingin menyaksikannya secara langsung.

Namun, peresmian itu diwarnai insiden robohnya tiang peyangga di tribun utara JIS. Kejadian bermula saat suporter dari Persija Jakarta yang memadati tribun utara menaiki tiang penyangga tribun, sehingga kelebihan beban yang membuat tiang penyangga tribun menjadi roboh.

Sebelumnya, Salat Iduladha juga sempat digelar di JIS pada 10 Juli 2022. Anies yang kala itu menjadi Gubernur DKI Jakarta hadir bersama dengan istrinya, Fery Farhati dan dua anak laki-lakinya yakni Kaisar Hakam dan Mikail Azizi.

6. Anies Diperiksa KPK

Gubernur DKI Jakarta diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E Jakarta pada 7 September 2022.

Anies diperiksa selama 11 jam. Dia tak banyak berbicara soal materi permintaan keterangan terkait Formula E. Dia justru berbicara soal membantu KPK dalam menjalankan tugasnya.

Daftar Lengkap UMP 2023 Seluruh Provinsi, Mana Tertinggi dan Terendah?

7. Anies Lengser

Anies lengser sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022. Pemprov DKI pun menyelenggarakan acara perpisahan bertajuk Terima Kasih Jakarta.

Saat menyampaikan pidato perpisahannya, Anies menekankan dirinya tidak akan berhenti bekerja. Menurutnya, masa jabatannya sebagai Gubernur DKI masih babak pertama. Dia pun menegaskan masih ada babak selanjutnya. Pekerjaannya untuk Indonesia masih panjang, bukan hanya di Jakarta.

8. Heru Budi Hartono Penjabat Gubernur DKI

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono resmi menjabat sebagai penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta pada 17 Oktober 2022. Heru menggantikan Anies yang mengakhiri jabatannya pada 16 Oktober 2022.

Acara palantikan dilakukan di kantor Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri dan dihadiri oleh Mendagri Tito Karnavian.

PKS Tak Masalah Jika Anies Teruskan Program Jokowi

Pelantikan Heru berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 100/P/2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Masa Jabatan Tahun 2017-2022 dan Pengangkatan Pj. Gubernur DKI Jakarta. Keppres tersebut ditetapkan tgl 14 Oktober 2022.

9. UMP 2023 Naik

Pemprov DKI Jakarta resmi mengumumkam upah minimum provinsi (UMP) tahun 2023 naik 5,6 persen menjadi Rp4.901.798.

Tetapi, serikat buruh memprotes keputusan tersebut. Mereka menuntut kenaikan UMP DKI Jakarta 2023 sebesar 10,55 persen dan menolak kenaikan 5,6 persen atau Rp4.901.798.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan para buruh berharap UMP DKI 2023 minimal naik 10 persen seperti daerah-daerah lain yakni Majalengka, Subang, dan Cirebon yang mengambil angka kenaikan 10 persen.

Kaleidoskop 2022: Ini 9 Peristiwa Penting di Jakarta Sepanjang Tahun 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper