Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG dan BRIN Beda Pendapat Soal Prediksi Cuaca Ekstrem, ini Penjelasan BPBD DKI

Kepala BPBD Isnawa Adji mengatakan pendapat BMKG dan BRIN tidak ada yang salah, pasalnya keduanya menggunakan pendekatan teori klimatologi yang sedikit berbeda.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA— Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji menanggapi soal perbedaan pendapat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terkait cuaca ekstrem pada hari ini, (28/12/2022).

Menurut Isnawa pendapat tersebut tidak ada yang salah, pasalnya keduanya menggunakan pendekatan teori klimatologi yang sedikit berbeda.

“Konsepnya tuh begini enggak ada yang salah dari kedua hal tersebut karena masing-masing mungkin punya pendekatan teori klimatologi yang sedikit berbeda atau menurut saya pada saat analisis tersebut  yang namanya kondisi cuaca itu mengalami dinamika yang sangat cepat,” kata Isnawa di Gedung DPRD DKI, Rabu (28/12/2022).

Menurutnya cuaca memang mengalami perubahan yang sangat cepat. Dia mencontohkan ada informasi siaga 2 dan diprediksi akan terjadi banjir di Jakarta  terutama di kawasan Ciliwung selama 5-7 jam.

Namun ternyata dalam perjalanan waktu ke tujuh jam intensitasnya cepat menurun di kawasan Depok dan Lenteng Agung.

“Sehingga saat masuk di Jakarta kondisinya sudah tidak ekstrem lagi. Ini contoh-contoh mungkin boleh dicek berkaitan dengan cuaca mungkin ada dinamika yang  sangat cepat dalam hitungan jam ke jam  bisa saja tidak ada intensitas hujan yang sangat lebat misalnya mungkin karena telah bergeser ke Pulau Seribu misalnya,” katanya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyebutkan tidak ada badai dahsyat di wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada hari ini. Sementara itu, Peneliti Klimatologi pada Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin mengatakan adanya potensi banjir besar di Jabodetabek pada hari ini.

Hal tersebut karena adanya potensi hujan ekstrem dan badai dahsyat di wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper