Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pemprov DKI Siapkan Dana Rp40 Miliar, Bangun Sheet Pile Kali Pesanggrahan

Pembangunan sheet pile diperuntukkan di kali Pesanggrahan untuk menanggulangi banjir di Jakarta.
Nabil Syarifudin Al Faruq
Nabil Syarifudin Al Faruq - Bisnis.com 19 Januari 2023  |  15:50 WIB
Pemprov DKI Siapkan Dana Rp40 Miliar, Bangun Sheet Pile Kali Pesanggrahan
Pemprov DKI Siapkan Dana Rp40 Miliar, Bangun Sheet Pile Kali Pesanggrahan - BISNIS / Nabil Syarifudin Al Faruq
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta siap menggelontorkan dana sebesar Rp40 miliar untuk pembangunan sheet pile di kali Pesanggrahan, Jakarta Barat sebagai upaya penanggulangan banjir.

"Anggaran dana tersebut diperuntukkan membangun sheet pile sepanjang 1.400 meter di kali Pesanggrahan,” jelas Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal saat mengunjungi Sungai Pesanggrahan, Kamis (19/1/2023).

Yusmada menambahkan dalam pembangunan sheet pile tersebut tengah dalam tahapan lelang untuk publikasi. Apabila proses ini lancar diperkirakan pembangunan akan selesai pada Maret atau April mendatang.

“Di posisi ini, kami minta izin juga pak gubernur, dari warga untuk melaksanakan ini, sepanjang 1.400 meter kiri kanan, mulai dari tol sampai arah Jalan Puri Kembangan,” jelas Yusmada.

Sebagaimana diketahui, pembangunan sheet pile tersebut merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta dalam menanggulangi banjir di Jakarta, salah satunya di kali Pesanggrahan.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan, pada tahun ini akan dilakukan penanganan salah satu daerah yang sering banjir yang meluas hingga perempatan Puri, yakni kali Pesanggrahan. Area kali yang akan ditangani memiliki panjang sekitar 1.400 meter.

“Dari sisi timur nanti ada sekitar 765 meter dan sisi baratnya sekitar 605 meter, sehingga nanti di area kali Pesanggrahan sampai dengan tol diharapkan bisa mengurangi banjir dan tentunya dampak kemacetan lalu lintas juga bisa dikurangi pada saat kondisi banjir,” ujar Heru.

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Afan Adriansyah Idris menambahkan, program pengendalian banjir memang menjadi fokus Heru Budi Hartono.

“Pak Gubernur melihat bahwa untuk aliran barat ini perlu dituntaskan juga. makanya beliau hari ini berkunjung ke titik di Kali Pesanggrahan ini, dan diharapkan melalui pembangunan sepanjang 1.400 meter di tahun ini, sehingga nanti genangan yang ada di jalan Briti dan juga di Kelurahan Kedoya Selatan, serta yang ada di sekitar simpang Puri ini akan bisa terganggu, jelas Afan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

heru budi hartono Pemprov DKI Banjir Jakarta kali pesanggrahan
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top