Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pj Gubernur DKI Jakarta Lepas 284 Bus Mudik Gratis 2023

Heru Budi melepas 284 bus yang mengangkut para pemudik dari DKI Jakarta menuju 19 kota/kabupaten di 6 provinsi melalui program Mudik Gratis Jakarta 2023
Pj Gubernur DKI Jakarta Lepas 284 Bus Mudik Gratis 2023 / Istimewa
Pj Gubernur DKI Jakarta Lepas 284 Bus Mudik Gratis 2023 / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melepas 284 bus yang mengangkut para pemudik dari DKI Jakarta menuju 19 kota/kabupaten di 6 provinsi melalui program Mudik Gratis Jakarta 2023.

Heru mengucapkan selamat jalan bagi warga yang akan pulang ke kampung halaman masing-masing, tentunya tetap menjaga kesehatan, dan tetap sabar selama dalam perjalanan ke kampung halaman jika nanti mengalami kemacetan. 

“Sampaikan salam kepada keluarga masing-masing di kampung halaman, semoga bapak dan ibu bisa merayakan Idulfitri di kampung masing-masing,” ujar Heru dalam keterangan resmi, Senin (17/4/2023)

Heru juga mengapresiasi kerja sama berbagai pihak yang turut menyukseskan program tahunan tersebut. "Saya ucapkan terima kasih terutama ke Baznas, Bank DKI, Transjakarta dan seterusnya yang telah memfasilitasi dan memberikan mudik gratis tahun 2023 ini," katanya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, pihaknya telah memverifikasi seluruh peserta mudik dan memastikan semuanya memenuhi persyaratan. Dari hasil verifikasi terhitung sebanyak 24.164 pemudik yang siap diberangkatkan menuju kota tujuannya masing-masing.

"Berdasarkan hasil klarifikasi dan verifikasi, pendaftar yang masuk dalam pendaftaran mudik gratis Pemprov DKI Jakarta sebanyak 28.506 pendaftar. Oleh karena itu kami lakukan verifikasi ulang karena target yang ditetapkan hanya 19.280. Namun animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi, dan dari hasil verifikasi terdapat 24.164 pemudik [yang memenuhi persyaratan],” ujarnya.

Jumlah tersebut menurut Syafrin naik 25,3 persen dari target yang telah ditetapkan, sehingga dari terdapat penambahan 18 armada bus dari 482 bus menjadi 500 bus untuk armada arus mudik dan arus balik yang dianggarkan Pemprov DKI Jakarta berkat sinergi dari berbagai pihak.

Sebagai informasi, program mudik gratis 2023 akan mengantarkan penumpang dengan tujuan Bandar Lampung (Lampung), Palembang (Provinsi Sumatera Selatan), Kuningan dan Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat), Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri (Provinsi Jawa Tengah), Yogyakarta (Provinsi DIY), serta Madiun, Kediri, Jombang dan Malang (Provinsi Jawa Timur). 

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta juga memberangkatkan truk pengangkut 646 sepeda motor para pemudik dari Terminal Pulo Gadung menuju sembilan kota seperti Kuningan, Tasikmalaya, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang dan Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper