Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Polusi Jakarta, 2 Pesawat Cesna Terus Lakukan Water Mist Spraying

Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta, salah satunya dengan melakukan modifikasi cuaca dengan metode water mist spraying
Tekan Polusi Jakarta, 2  Pesawat Cesna Terus Lakukan Water Mist Spraying / BNPB
Tekan Polusi Jakarta, 2 Pesawat Cesna Terus Lakukan Water Mist Spraying / BNPB

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta, salah satunya dengan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan metode water mist spraying menggunakan 2 pesawat Cesna.

Upaya ini dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama BRIN, BMKG, TNI dan pihak terkait lainnya di wilayah Jakarta.

Dilansir dari keterangan resmi, Selasa (12/9/2023), operasi ini telah dilaksanakan pada 4-11 September 2023 dengan durasi terbang selama 82 jam 50 menit dan membawa 70.500 liter air yang disemprotkan untuk membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta.

Dalam sehari, setiap pesawat melakukan empat kali sorti di beberapa wilayah di Jakarta, antara lain Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Upaya tersebut mulai memberikan dampak yang signifikan dimana terjadi penurunan nilai polutan PM 2.5 berdasarkan iqair.com, sehingga langit di wilayah Jakarta mulai terlihat bersih.

BNPB akan terus melakukan upaya pengurangan polusi di Jakarta hingga beberapa hari ke depan dan dengan menyesuaikan kondisi yang diperlukan.

Water Mist Generator

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berencana melakukan inspeksi ke gedung-gedung tinggi untuk memastikan pemasangan alat water mist generator telah dilakukan.

Dia mengatakan, alat water mist generator sudah banyak dibeli oleh perusahaan di Jakarta, meskipun belum dapat diumumkan perinciannya.

“Sudah banyak kok yang beli, nanti kita keliling ya,” ujar Heru di Balaikota Jakarta, Senin (11/9/2023).

Lebih lanjut, Heru menjelaskan bahwa pemasangan water mist generator dilakukan secara bertahap alias memerlukan waktu untuk seluruh perusahaan memilikinya. 

“Yah semua harus beli bertahap,” jelasnya.

Sebelumnya, Heru meminta agar perusahaan di Ibu Kota untuk berinovasi membuat alat water mist generator seiring dengan terbatasnya ketersediaan barang tersebut guna menanggulangi polusi.

Dia menuturkan, alat water mist generator saat ini di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) masih terbatas untuk bisa didistribusikan kepada gedung-gedung tinggi yang ada di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler