Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Tertunda, Groundbreaking Proyek LRT Jakarta Velodrome-Manggarai Digelar Bulan Ini

Dishub DKI Jakarta menyatakan groundbreaking proyek LRT Jakarta Velodrome-Manggarai dilakukan pada bulan ini atau paling lambat Oktober 2023
Sempat Tertunda, Groundbreaking Proyek LRT Jakarta Velodrome-Manggarai Digelar Bulan Ini. Jakarta International Velodrome
Sempat Tertunda, Groundbreaking Proyek LRT Jakarta Velodrome-Manggarai Digelar Bulan Ini. Jakarta International Velodrome

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyatakan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek LRT Jakarta Velodrome-Manggarai dilakukan pada bulan ini atau paling lambat Oktober 2023. 

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, proses peletakan batu pertama proyek itu sempat tertunda karena gagal lelang, sehingga mundur sebulan dari rencana awal yakni pada Agustus 2023.

“Karena adanya gagal lelang, sehingga prosesnya mundur satu bulan,” ujar Syafrin saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Namun, sambung Syafrin, proses lelang saat ini telah rampung dan pihak pemenang tengah menyiapkan jaminan pelaksanaan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Sekarang sudah ditetapkan pemenang dan dalam proses pengurusan jaminan pelaksanaan karena arahan Pak Presiden seluruh legal aspek atau persyaratan administrasi dipenuhi baru bisa dilakukan groundbreaking,” jelasnya.

Seiring adanya keterlambatan tersebut, Syafrin memperkirakan proses peletakan batu pertama diperkirakan terjadi sekitar September 2023 dan paling lambat awal Oktober 2023.

Berdasarkan catatan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Light Rail Transit (LRT) rute Velodrome - Manggarai dapat rampung pada September 2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rute LRT Velodrome-Manggarai merupakan upaya dari pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan mobilitas masyarakat. Kedua pihak juga telah menetapkan target operasional rute ini. 

"DKI juga sudah menyiapkan anggaran untuk ini [LRT Velodrome - Manggarai] dan bisa selesai sekitar September 2024," katanya setelah melakukan pertemuan dengan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota, Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Menurutnya, konektivitas ke wilayah Manggarai sangat penting mengingat posisi Stasiun Manggarai sebagai central station. Masyarakat dari kota satelit seperti Bogor, Depok, Tangerang dapat berganti moda ataupun kereta pada stasiun ini untuk menuju Jakarta dan begitupun sebaliknya.

Sebagai informasi, Budi karya memproyeksikan rute LRT baru ini dapat mencapai sekitar 185.000 penumpang saat sudah beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper