Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jakpro Buka Tender Unit Growlight Senilai Rp14,9 Miliar untuk Rumput JIS

Jakpro membuka tender unit growlight senilai Rp14,9 miliar untuk merawat rumput JIS.
Direktur Utama Jakarta Propertindo Iwan Takwin. JIBI/Bisnis-Pernita Hestin Untari
Direktur Utama Jakarta Propertindo Iwan Takwin. JIBI/Bisnis-Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA — BUMD DKI PT Jakarta Propertindo (Jakpro) membuka tender unit growlight senilai Rp14,9 miliar untuk menjaga kualitas dan ketahanan rumput Jakarta International Stadium (JIS) menjelang pelaksanaan Piala Dunia U-17.

Direktur Utama Jakarta Propertindo Iwan Takwin mengatakan, pelaksanaan tender tersebut dilakukan seiring unit growlight yang tersedia saat ini sangat minim dan belum mencakup perawatan keseluruhan rumput di Stadion JIS.

“Berdasarkan hasil pengecekan oleh pihak penyelenggara, direkomendasikan penambahan unit growlight untuk membantu proses pertumbuhan rumput di lapangan utama (field of play) JIS,” ujar Iwan kepada wartawan, Rabu (4/10/2023).

Menurut Iwan, penambahan growlight saat ini sangat diperlukan untuk mendukung operational sustainability performa rumput di JIS, seiring dengan intensitas kegiatan pertandingan yang tinggi. 

Seiring dilaksanakannya tender tersebut, Iwan menyatakan, Jakpro semakin mudah untuk menjaga kualitas rumput agar sesuai dengan standar FIFA. Seperti diketahui, upaya yang telah dilakukan perusahaan untuk memperbaiki kualitas rumput JIS menjelang penyelenggaran Piala Dunia U-17 melalui nursery.

Dia menjelaskan, melalui nursery, Jakpro mengganti rumput eksisting dengan rumput cadangan melalui metode gulung-gelar.

Rumput yang ‘digulung’ ini kemudian menjalani proses treatment di tempat nursery.

“Penggantian rumput melalui nursery dan growlight merupakan dua hal yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan lapangan dengan kualitas yang prima sesuai standar FIFA. Adapun growlight ini merupakan kebutuhan investasi jangka panjang untuk fasilitas tambahan perawatan rumput di JIS,” jelasnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan tender growlight telah dimulai pada 20 September 2023, adapun tanggal pengambilan dokumen dilakukan pada 20 September 2023 sampai 21 September 2023, sementara jadwal penjelasan rencana kerja dan syarat-syarat (RKS), administrasi dan teknis pada 21 September 2023.

Berdasarkan catatan, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan perbaikan rumput Jakarta International Stadium (JIS) sudah selesai dilakukan menjelang penyelenggaraan Piala Dunia U-17. 

Dia mengatakan, rumput JIS sejauh ini sudah selesai diganti dan siap digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Namun demikian, dia juga mengaku belum menerima informasi lebih lanjut mengenai stadion tersebut.  

“Saya belum diupdate semua. JIS, untuk rumputnya sudah oke, rumputnya sudah beres,” ujar Joko di Jakarta yang dikutip Kamis (28/9/2023).  

Menurut Joko, saat ini tinggal menunggu peresmian saja usai rumput JIS diperbaiki. Namun dirinya belum dapat membeberkan kapan aksi tersebut dilakukan. 

“Jadi tinggal peresmian saja, kita tunggu, sebentar lagi mungkin,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler