Polri Terapkan Pengalihan Arus di Jalur Destinasi Wisata saat Malam Tahun Baru

Polda Metro Jaya menerapkan pengalihan arus di sejumlah jalur destinasi wisata di wilayah DKI Jakarta jelang pergantian tahun baru 2024.
Pintu Gerbang Ancol - Istimewa
Pintu Gerbang Ancol - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya akan menerapkan pengalihan arus di sejumlah jalur destinasi wisata di wilayah DKI Jakarta jelang pergantian tahun baru 2024. 

Sebanyak 5.670 personel gabungan disiapkan untuk mengamankan perayaan malam pergantian tahun di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Secara rinci, 5.670 personel ini terdiri dari 1.219 TNI, 3.963 personel Polda dan Polres, serta 488 personel dari Pemda DKI Jakarta.

Melansir akun Instagram resmi @NTMCLantasPolri, Minggu (31/12/2023), pengalihan arus lalu lintas dilakukan di sejumlah objek wisata seperti Ancol, Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah, dan Ragunan.

Di Ancol misalnya, pengalihan arus dilakukan pada setiap pintu masuk Ancol, Perempatan Parangtritis, Jembatan Hailay, TL. Bintang Mas, TL. Mangga Dua, TL. Pasir Putih, Jembatan Goyang, dan Jembatan PLTU arah ke pintu karnaval.

Bagi masyarakat yang akan menghabiskan malam pergantian tahun di Kota Tua, Polda Metro Jaya akan menutup TL. Asemka. Kendati begitu, busway masih dapat melintas seperti biasa.

Lalu, masyarakat yang akan menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari arah Pasar Rebo ke Jl. Taman Mini 1 diluruskan. 

Sementara, masyarakat yang akan menuju Ragunan, diberlakukan contraflow dari pintu utama Kebun Binatang Ragunan ke arah TL. Pertanian.

Berikut perincian pengalihan arus objek wisata Ancol, Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah, dan Ragunan:

1. Pengalihan Arus Objek Wisata Ancol

- Dilakukan pengalihan arus: Setiap pintu masuk Ancol, Perempatan Parangtritis, Jembatan Hailay, TL. Bintang Mas, TL. Mangga Dua, TL. Pasir Putih, Jembatan Goyang, dan Jembatan PLTU arah ke pintu karnaval.

- Dari arah Penjaringan: Dialihkan di perempatan Parangtritis belok kanan kembali ke Penjaringan atau Kampung Bandan arah Taman Sari.

- Dari arah G. Sahari: Dialihkan ke kiri Jalan Mangga Dua Raya Jakpus.

- Dari arah Kemayoran: Putar balik di Bundaran Kemayoran atau masuk ke Tol Kemayoran atau ke Kampung Pademangan Timur.

- Dari arah Tanjung Priok: RE. Martadinata-Gunung Sahari.

- Dari arah tol: Keluar Ancol Barat ditutup dan keluar Ancol Timur ditutup.

2. Pengalihan Arus Objek Wisata Kota Tua

- TL. Asemka ditutup: Yang mengarah ke kawasan wisata Kota Tua, busway dapat melintas seperti biasa arus II dari arah Asemka di luruskan ke arah mangga 2 - Gunung Sahari dan arus II dari arah Mangga 2 menuju kawasan wisata Kota Tua di luruskan ke arah Jl. Jembatan 5.

- Arus lalin dari arah Jl. Jembatan 5: Diluruskan ke arah timur Jl. Jembatan batu menuju Jl. Mangga Dua Raya.

3. Pengalihan Arus Objek Wisata Taman Mini Indonesia Indah

- Arus lalin dari TL Kramik yang akan menuju Jl. Taman Mini 1: Di TL Garuda di alihkan ke kiri arah Asrama Haji Pondok Gede. Arus lalin dari asrama Haji Pondok Gede yang akan munju Jl. Taman Mini 1 di TL. Garuda di alihkan ke kanan atau TL Kramik di arahkan ke Pasar Rebo. Arus lalin dari Tol Jagorawi yang keluar dari offramp Taman Mini 1 dialihkan ke arah Asrama Haji Pondok Gede atau TL Kramik di arahkan ke pasar Rebo. 

- Arus lalin dari arah Pasar Rebo: yang akan menuju ke Jl. Taman Mini 1 diluruskan.

- Arus lalin dari arah Jl. Raya Mabes Hankam yang akan menuju terowongan Taman Mini: Diluruskan ke arah terminal bus KP Rambutan. Arus lalin dari Jl. Raya Ceger akan menuju terowongan Taman Mini dibelokkan ke kiri arah Terminal Bus Kp. Rambutan.

4. Pengalihan Arus Objek Wisata Ragunan

- Arus lalin (kecuali kendaraan umum dan busway): Dari arah Jl. Warung Jati menuju pintu utama Kebun Binatang Ragunan dialihkan melalui TL Trakindo-Jl Cilandak KKO-Jl Margasatwa-pintu masuk barat atau dialihkan ke kiri Jl. Tb Simatupang.

- Arus lalin (kecuali kendaraan umum dan busway): Dari arah Jl. Tb. Simatupang yang menuju pintu utama Kebun Binatang Ragunan dialihkan melalui TL. Trakindo-Jl. Cilandak KKO-Jl. Margasatwa-Pintu masuk barat.

- Arus lalin dari Jl. TB Simatupang (TL Trakindo): Yang menuju pintu masuk Kebun Binatang Ragunan di luruskan ke arah kolong Jagakarsa

- Diberlakukan contraflow: Di Jl. Saco ketika pintu masuk utama Kebun Binatang Ragunan padat (kecuali penghuni) dan diberlakukan sistem 1 arah dari pintu utama Kebun Binatang Ragunan ke arah TL. Pertanian.

- Penutupan di pertigaan Jl. Saco: Yang menuju pintu utama Kebun Binatang Ragunan.

- Arus lalin dari arah Jagakarsa: Yang menuju Kebun Binatang Ragunan di arahkan masuk melalui pintu masuk timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper