Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gagal Nyalon di Pilkada Jakarta 2024, Kemana Pendukung Anies Baswedan Berlabuh?

Tak bisa maju di Pilkada Jakarta 2024, kemana arah suara dari para pendukung Anies Baswedan bakal berlabuh?
Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Anies Baswedan/Bisnis-Lukman
Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Anies Baswedan/Bisnis-Lukman

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Anies Baswedan telah berada di posisi teratas dalam hasil survei pilihan calon gubernur Jakarta 2024. Lantaran tak bisa maju di Pilkada Jakarta 2024, kemana arah suara dari para pendukung Anies atau yang dikenal dengan sebutan Anak Abah?

Survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia pada 18-26 Juni 2024 menunjukkan bahwa Anies Baswedan diprediksi memperoleh suara terbanyak atau elektabilitas tertinggi dalam beberapa skenario. 

Dalam simulasi Top of Mind, Anies menempati posisi tertinggi sebesar 39,7%, kemudian diikuti oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebesar 23,8% dan Ridwan Kamil atau RK sebesar 13,1%. 

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin kemudian mengatakan bahwa suara pendukung Anies kemungkinan akan menyebar ke beberapa pasangan calon gubernur Jakarta 2024. 

"Suara Anies itu sebenarnya bisa menyebar, bisa kemana-mana ya. Karena suara Anies itu ada yang dari unsur PKS, Kader simpatisan PKS mungkin ke Ridwan Kamil-Suswono," ujar Ujang kepada Bisnis, Kamis (12/9/2024). 

Namun, Ujang juga menambahkan bahwa sebagian besar suara Anies kemungkinan akan beralih ke pasangan Pramono Anung-Rano Karno yang diusung PDIP. Bahkan, dia mengatakan suara Anies mungkin aja tersebar sedikit ke Dharma Pongrekun – Kun Wardhana. 

Namun, Ujang menekankan, jika Jusuf Kalla (JK) mendukung pasangan Pramono-Rano Karno, maka suara Anies dapat beralih ke pasangan ini. 

"Karena JK itu kan mentornya Anies, JK itu orang dekatnya Anies. Bisa jadi kalau JK-nya perintah Anies untuk dukung Pramono Anung, ya pendukung anis ke Pramono Anung," terangnya. 

Kendati demikian, Ujang menekankan bahwa jika JK dan Anies tetap netral, maka suara pendukung Anies menjadi tersebar ke berbagai paslon. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper