Gedung Tinggi Perlu Evaluasi Manajemen Penanggulangan Bencana

JAKARTA-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta Gubernur Jakarta Joko Widodo mengevaluasi kesiapsiagaan bencana di gedung pencakar langit Ibu Kota.Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan berkaca pada bencana banjir yang melanda Jakarta pada

JAKARTA-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta Gubernur Jakarta Joko Widodo mengevaluasi kesiapsiagaan bencana di gedung pencakar langit Ibu Kota.

Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan berkaca pada bencana banjir yang melanda Jakarta pada akhir Januari lalu, perlu ada manajemen penanggulangan bencana di tiap-tiap gedung pencakar langit.

“Pada saat terjadi bencana banjir, malah yang terlihat kepanikan. Pengelola gedung harus memiliki manajemen penanggulangan bencana dan terus-menerus dilatih,” katanya, hari ini (5/2).

Dia mengingatkan ancaman banjir tidak hanya soal banjir. Penurunan permukaan tanah hingga gempa juga menjadi ancaman potensial. “Lantai bawah tanah gedung bertingkat harus dievaluasi, termasuk model dan standar fasilitasnya”.

Dari pendataan BNPB, terdapat sekitar 75 gedung pencakar langit, di luar itu ada 700 gedung yang tergolong tinggi.

Sebelumnya Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI Jakarta menegaskan akan mengevaluasi semua gedung di wilayah Ibu Kota yang dinilai berpotensi terhadap ancaman lingkungan sekitarnya. (40/fsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik
Editor : Others
Sumber : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper