Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edward Soeryadjaya: Prospek Proyek Monorel Bagus, Bisa BEP 10 Tahun

BISNIS.COM, JAKARTA—Edward Soeryadjaya, investor sekaligus pemilik Ortus Holdings Ltd yang akan membangun proyek monorel DKI Jakarta, menargetkan sarana transportasi massal yang akan dimulai Oktober itu akan mencapai titik impas (BEP) dalam waktu

BISNIS.COM, JAKARTA—Edward Soeryadjaya, investor sekaligus pemilik Ortus Holdings Ltd yang akan membangun proyek monorel DKI Jakarta, menargetkan sarana transportasi massal yang akan dimulai Oktober itu akan mencapai titik impas (BEP) dalam waktu 10 tahun.

Hal itu disampaikan Edward karena bisnis transportasi massal ini sudah diprediksi bagus sejak dirancang pada 2004.  “Sejak 2004, sudah ada hitungan, 10 tahun kemudian pada 2013 hitungan saya bagus,” katanya seusai pengumuman kelanjutan proyek Monorel oleh Jokowi di Monas, Rabu (26/6/2013).

Keyakinan itu didasarkan juga pada perhitungan monorel lebih murah ketimbang mass rapid transit (MRT) atau subway. Biaya sebuah monorel seperlima dari MRT, artinya biaya 1 kilometer MRT bisa untuk membangun 5 kilometer monorel.

Edward juga menyatakan tidak sanggup jika membangun transportasi massal di bawah tanah karena selain membutuhkan biaya tinggi, juga dihadapkan dengan penolakan warga atas pembebasan tanah. “Kalau di bawah tanah saya nggak sanggup. Selain mahal dan lama, juga dihadang orang yang tidak mau lepas tanah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper