Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPRD DKI Bentuk Pansus Monorel, Apa saja Alasannya?

Bisnis.com, JAKARTA - DPRD DKI Jakarta berniat membentuk panitia khusus (pansus) monorel dengan alasan untuk mengawasi pelaksanaan pembangunan mega proyek tersebut. Menurut Triwicaksana, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, setidaknya terdapat tiga alasan perlunya

Bisnis.com, JAKARTA - DPRD DKI Jakarta berniat membentuk panitia khusus (pansus) monorel dengan alasan untuk mengawasi pelaksanaan pembangunan mega proyek tersebut.

Menurut Triwicaksana, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, setidaknya terdapat tiga alasan perlunya pengawasan DPRD melalui pansus dalam pelaksanaan proyek monorel.

Pertama, soal legalitas berkaitan dengan tata ruang apakah sudah sesuai dengan rencana tata ruang wilayah, karena selama ini hanya jalur hijau dan jalur biru yang diserahkan kepada DPRD.

Kedua, mengenai pembiayaan apakah kontrak Pemprov DKI tidak ada klausul dari APBD atau subsidi. Hal ini menjadi sorotan karena proyek ini tidak melalui tender sehingga dikhawatirkan ada dana pemerintah yang masuk dalam proyek bernilai Rp7 triliun.

Ketiga, soal operasional yang mengambil gerbong dari China, bukan dari lokal seperti yang dilakukan oleh monorel buatan BUMN. DPRD DKI sendiri telah mengundang pihak PT Monorail Jakarta dua kali namun tidak hadir.

"Minggu lalu kami undang PT Monorel Jakarta untuk memperjekas apakah aspek tadi terpenuhi, tetapi tidak hadir," ujarnya.

 
Dia menegaskan selama tidak melanggar aturan, DPRD tidak akan mempermasalah proyek monorel. (mahmudi restyanto/09/26/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper