Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Urbanisasi Bikin Rumit Masalah Sampah di Ibu Kota

Bisnis.com, JAKARTA - Tantangan ke depan yang akan akan selalu dihadapi DKI Jakarta adalah adalah masalah ruang. Selama Ibu Kota masih menjadi andalan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di daerah lamban, arus urbanisan akan melonjak dan menambah volume

Bisnis.com, JAKARTA - Tantangan ke depan yang akan akan selalu dihadapi DKI Jakarta adalah adalah masalah ruang. Selama Ibu Kota masih menjadi andalan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di daerah lamban, arus urbanisan akan melonjak dan menambah volume sampah.

Menurut Rasio Ridho Sani, Deputi Bidang Pengelolaan B3, Limbah B3 dan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), menyatakan jumlah sampah domestik lebih banyak dibandingkan dengan limbah industri.

“Kami terus mendorong kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan bank-bank sampah sehingga sampah tidak lagi dipandang sebagai limbah tetapi komposisi yang bermanfaat dengan program 3R [Reduce, Reuse dan Recycle],” katanya di sela-sela acara halal bihalal KLH, Selasa (27/8/2013).

Program tersebut juga harus didukung oleh program pemerintah melalui penghargaan Adipura kepada pemerintah daerah yang mampu mengatasi persoalan lingkungan.

Selain mendorong kepemimpinan daerah dan masyarakat untuk lebih peduli lingkungan dengan memanfaatkan sampah, KLH mendorong kepemimpinan dari korporasi. Industri berkewajiban untuk mengurangi produk penggunaan kemasan yang berkontribusi dalam peningkatan limbah.

"Kami mencanangkan program EPR [Extended Production Responsibility], di mana industri bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan,” ujar Rasio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper